Politik

Massa Tumpah Ruah dan Terhibur Kampanye Budaya Paket SMS

Kamis, 26 November 2015 | 08:10 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Beritabali.com, Karangasem. Ratusan massa dari berbagai wilayah di Kabupaten Karangasem tampak tumpah ruah memenuhi pergelaran parade budaya yang dilaksanakan oleh pasangan calon Bupati Karangasem, Wayan Sudirta-Made Sumiyati (Paket SMS).

Pilihan Redaksi

 
Kampanye budaya itu digelar di Kantor PAC PDIP di Desa Sukasada, Kecamatan Kubu, Karangasem, Rabu (25/11/2015). Pergelaran budaya yang pertama kali digelar oleh calon Bupati di "Bumi Lahar' itu disambut sukacita oleh warga dari 74 dusun.
 
Warga terlihat sangat antusias dengan kehadiran kandidat idolanya Wayan Sudirta-Made Sumiyati yang hadir dan berbaur diantara warga. Ratusan warga semakin sumringah tatkala gamelan joget bumbung mulai ditabuhkan dan diiringi kehadiran sang penari joget yang menari ditengah-tengah massa.
 
Wayan Sudirta mengaku menggelar kampanye budaya untuk menghibur warga agar terhibur dan mengendorkan urat syaraf tensi politik dalam pilkada. Selain itu, Sudirta mengakui pergelaran budaya dalam kampanye ini agar memberikan nuansa yang berbeda dan menjadi contoh yang baik karena diangkat aspek budaya.
 
"Sangat langka kegiatan politik mengangkat budaya lokal. Saya ingat ajaran Trisakti Bung Karno agar selalu ingat budaya. Ini juga bagian mengangkat unsur budaya dengan penampilan joget bumbung," ucap Sudirta disela-sela pergelaran kampanye seni dan budaya tersebut.
 
Bahkan tak canggung-canggung dan tidak ada rasa malu, mantan anggota DPD dua periode itu juga berjoget bersama penari joget dan menghibur ratusan massa yang hadir. Meski tidak ahli dalam menari, namun demi menghibur warga, Sudirta pun mengajak warga lainnya bergembira dan menari secara bergantian.
 
Salah satu warga, Made Suparta alias Dek Alon mengaku menyambut gembira langkah dan ide Paket SMS dengan pergelaran kampanye budaya ini. Selain itu, munculnya sekee kesenian sebagai wujud perhatian Paket SMS untuk memajukan seni budaya di Karangasem.
 
"Kampanye berbau budaya sangat disukai warga. Kampanye budaya ini diperlukan agar tensi warga Karangasem yang penuh ketegangan bisa lebih dingin dalam Pilkada," ungkap Dek Alon.
 
Selain menggelar hiburan joget bumbung, dalam kampanye budaya Paket SMS ini juga membagikan ribuan dupa yang dibagikan kerumah-rumah warga. Bahkan saking semangatnya, Sudirta juga turun langsung membagikan dupa yang sangat dibutuhkan warga dengan mendatangi satu persatu rumah warga. 
 
Pengacara kondang dikancah nasional itu beralasan dipilihnya dupa untuk diserahkan dan disumbangkan ke warga karena memiliki nilai spritual untuk mensejahterakan rakyat dan petunjuk Ida Sanghyang Widhi Wasa lewat simbul-simbul rohani. 
 
"Terima kasih Pak Wayan Sudirta. Dupa ini sangat berarti buat saya dan akan saya pergunakan untuk sembahyang. Sebelumnya saya juga sudah menerima paket sembako dari bapak. Makasi banyak nggih pak," ucap warga dan disambut senyum bahagia oleh Sudirta sambil berlalu dan berpamitan kepada warga yang ia temui.
 
Ribuan dupa selanjutnya juga akan semakin disebarkan keseluruh warga mulai besok Kamis (26/11) dan stiker sebagai kampanye budaya Paket SMS yang dilakukan dengan iklas dan penuh semangat. Menurut Sudirta, dari 6 kecamatan yang ada nantinya tidak ada dupa yang masuk kepasar, tapi semuanya masuk kerumah-rumah warga. 
 
"Selain membagikan ribuan dupa, para relawan SMS juga akan memasang stiker di rumah-rumah warga," pungkasnya.[bbn/dws]

Penulis : Ni Luh Putu Era Adnyayanti

Editor :


TAGS : Pilkada Karangasem Sms



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV