Ekbis

UMKM Bali Keluhkan Kendala Promosi Produk

Sabtu, 30 Juli 2016 | 06:15 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BANGLI.
 Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bali mengeluhkan kendala promosi dalam memasarkan produknya. Kendala lain adalah permodalan.

Pilihan Redaksi

 
Hal ini mengemuka saat Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-69 di Desa Penglipuran, Bangli, Jumat (29/7/2016).
 
Wagub Sudikerta menyempatkan diri berinteraksi dengan para penggiat UMKM saat meninjau pelaksanaan pameran kerajinan dan produk unggulan daerah. Mereka rata-rata mengeluhkan kendala bantuan peralatan, promosi, dan permodalan.
 
Salah seorang pengrajin keris di Bangli misalnya, mengaku mengalami kendala dalam hal promosi keris hasil buatannya. Ia meminta pemerintah membantunya dalam hal promosi.
 
Mendengar keluhan ini, Sudikerta meminta pemerintah setempat untuk membantu pengrajin keris tersebut.
 
Dalam peringatan hari koperasi ini, Sudikerta meminta Koperasi dan juga UMKM di Bali untuk mereformasi cara mengelola koperasi maupun usaha UMKM untuk mewujudkan ekonomi berdikari.
 
Sudikerta juga meminta koperasi maupun UMKM melakukan inovasi agar tidak tertinggal. Salah satunya adalah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (TI).
 
"Reformasi pengelolaan dapat diawali dengan pemuktahiran database system secara online, kemudian membangun dan mengelola koperasi berbasis informasi teknologi," kata Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta.
 
Langkah selanjutnya adalah mendorong koperasi dan juga UMKM lebih banyak mengakses pembiayaan, mendorong koperasi dan UMKM lebih banyak bergerak ke sektor riil khususnya berorientasi ekspor, dan padat karya. [bbn/ctg/psk]

Penulis : I Ketut Adi Sutrisna

Editor :


TAGS : Mailaku Situs Jual Beli Online Bali Umkm Bali



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV