Hukrim

Polsek Kuta Utara Ringkus Pembobol ATM Asal Turki

Senin, 23 Januari 2017 | 23:55 WITA

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Beritabali.com, Canggu. Dua warga asing asal Turki, yakni Ender Gungor (47) dan Aziz Ozan Atayoglu (36), ditangkap atas keterlibatannya dalam kasus pencurian data nasabah ATM BNI. Kedua tersangka yang kini ditahan di Polsek Kuta Utara ini kedapatan beraksi di mesin ATM BNI depan Mart Acho Beach Jalan Batu Mejan No. 88, Banjar Canggu, Kuta Utara.

Pilihan Redaksi

 
Kasus ini terbongkar setelah petugas dari PT Swadharma Sarana Informatika (SSI) mengecek mesin ATM di TKP Jalan Suli Denpasar, pada Sabtu (21/1) sekitar pukul 11.30 Wita. Dalam pengecekan, ternyata gembok tempat modem yang posisinya di bagian atas mesin ATM hilang. Selain itu, terali yang menghubungkan ke modem terpotong.
 
“Kedua petugas SSI memeriksa dan menemukan benda sejenis drive copy (alat penyalin data) warna putih terpasang di tempat modem ATM,” ucapnya. 
 
Curiga, kedua petugas melaporkan penemuan ke kantornya. Pihak kantor kemudian memerintahkan mencabut benda tersebut. 
 
“Petugas SSI kemudian memantau dari kejauhan untuk mencari tahu siapa yang merekam data nasabah di ATM tersebut,” jelas sumber petugas.
 
Berselang dua jam, tepatnya pukul 03.00, dua warga asing terlihat masuk ke dalam ATM. Kedua warga asing itu sepertinya mencari sesuatu di atas mesin ATM tempat terpasangnya drive copy. Curiga tindak tanduk kedua turis itu, petugas SSI mengamankannya. 
 
“Dua pelaku terekam CCTV saat melakukan aksinya, yakni memasang drive copy di atas mesin ATM dengan bantuan tong sampah sebagai pijakan,” kata sumber.
 
Selanjutnya, petugas SSI menyerahkan dua turis yang tinggal di Hotel Canggu Kuta Utara itu ke Polsek Kuta Utara. 
 
Dikonfirmasi, Kapolsek Kuta Utara, Kompol Pius X Febri Aceng Loda, membenarkan penangkapan dua tersangka turis Turki. Pihaknya menduga, kedua pelaku jaringan international khusus bobol ATM. Pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa laptop, alat-alat drive copy, sejumlah kartu selular. “Keterangan dua pelaku masih kami dalami,” tegasnya, Senin (23/1).[bbn/spy/psk]

Penulis : Surya Kelana

Editor :


TAGS : Bobol Atm Warga Turki Canggu



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV