Hukrim

Warga Ukraina Bobol Data Nasabah Bank dengan Modus "Skimming"

Selasa, 29 Oktober 2019 | 07:30 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Pembobolan data nasabah bank dengan modus "Skimming" yang dilakukan warga negara asing kembali terjadi. Adalah Roman Vakal (37) asal Ukraina dibekuk anggota Opsnal Subdit V Unit Cyber Direktorat Reskrimsus Polda Bali saat memasang kamera tersembunyi di sebuah ATM di Jalan Pantai Batu Bolong No 56, Kuta Utara, Badung, Sabtu (26/10) pagi.

Pilihan Redaksi

Menurut Kabid Humas Polda Bali Kombes Hengky Widjaja, tersangka Roman Vakal ditangkap atas laporan pihak Bank yang mencurigai adanya aktivitas seorang warga asing di dalam ruangan mesin ATM di Jalan Batu Bolong, Kuta Utara. 
"Aksi pelaku warga asing ini terekam CCTV di dalam ruangan mesin ATM," ujarnya, Senin (28/10).
Menerima laporan pihak Bank, anggota Opsnal Subdit Cyber Dit. Reskrimsus Polda Bali kemudian bergerak, pada Sabtu, sekitar pukul 05.30 Wita untuk mengecek beberapa mesin ATM di wilayah Kuta Utara. Polisi kemudian mendapati seorang warga asing dengan gelagat mencurigakan di dalam ruangan mesin ATM. 
"Di salah satu mesin ATM, ada seorang warga asing yang bergelagat mencurigakan," jelas Kombes Hengky.
Diterangkan, dari rekaman CCTV pelaku datang ke ATM dengan mengendarai sepeda motor Honda Vario hitam. Setelah melihat kiri-kanan, tersangka turun dari motor dan masuk ke dalam ATM. Takut buruannya kabur, Polisi langsung membuka pintu ATM dan menangkap pelakunya, Roman Vakal asal Ukraina. 
"Saat itu tersangka akan memasang kamera tersembunyi di tembok ruangan mesin ATM. Dia dibawa ke Polda Bali berikut barang buktinya," ujarnya.
Kombes Hengky menuturkan, dari tangan tersangka diamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya, dua set kamera tersembunyi yang telah dimodifikasi menyerupai penutup kabel listrik diikat kabel ties, jaket hitam, beserta sepeda motor yang dikendarai tersangka ke TKP. Polisi menduga ada pelaku lain selain tersangka yang kini masih dalam pengejaran Polisi.   

Penulis : Surya Kelana

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Skimming Bali Ukraina



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV