Pohon Tumbang Timpa Piasan Pura Beji di Senganan - Beritabali.com

News

Pohon Tumbang Timpa Piasan Pura Beji di Senganan

Kamis, 12 Desember 2019 | 08:10 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Pohon tumbang menimpa bale piasan dan padma di Pura Beji, Banjar Pacung, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Tabanan pada Rabu (11/12). Akibat kejadian itu Bale Piasan berukuran 1,5 x 1,5 meter tersebut ambruk. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan telah melakukan evakuasi.

Pilihan Redaksi

Pohon tumbang terjadi Rabu pukul 03.00 dini hari. Saat itu kawasan Penebel diguyur hujan deras. Disamping itu pohon jenis Ketapang ini juga rapuh. Sehingga rantingnya menimpa piasan dan padma di Pura Beji setempat.
Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika menjelaskan, pohon tumbang timpa bale piasan dan padma sudah dievakuasi oleh 8 anggota TRC Kabupaten Tabanan. Penangan dilakukan menggunakan mesin sensor. "Kondisi bangunan ambruk dan rusak parah," jelasnya.
Untuk selanjutnya pihaknya akan melakukan koordinasi dengan bagian pendataan. Supaya mendapat bantuan dana untuk perbaikan. "Kalau fungsi kita adalah di penanganan pasca kejadian, tidak melalukan pendataan untuk mengetahui kerugian pasti," kata Trisna.
Pada hari yang sama pohon bambu juga tumbang menutupi setengah badan jalan di jalur utama Desa Senganan dengan Desa Jatiluwih Kecamatan Penebel. Pohon bambu tumbang akibat hujan deras mengguyur Penebel pada malam hari. "Seluruhnya kami sudah tangani bersama tim," ujarnya.
Sementara itu, untuk mengatasi persiapan musim hujan yang diprediksi sudah mulai turun, Trisna mengakui tim sudah dibagi dan terjadwal sesuai dengan jadwal setiap hari. Bahkan dari BPBD Tabanan juga sudah melalukan koordinasi dengan aparat pemerintahan di kecamatan untuk selalu waspada mengantisipasi musim hujan.
Disamping itu petugas BPBD sudah juga melakukan pemangkasan pohon perindang di Jalur Bedugul-Singaraja. Bahkan juga turut dibantu pihak kepolisian. "Kami yang jelas siaga dalam mengatasi berbagai bencana alam seperti pohon tumbang akibat musim hujan yang akan datang," ujar Trisna. 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Pohon Tumbang Tabanan



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV