News

16 Putra Putri Karangasem Ikuti Lomba Nyastra Bali

Sabtu, 03 Juni 2017 | 11:00 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
16 putra dan putri perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem nampak antusias saat mengikuti lomba "nyastra" menulis aksara Bali, yang diselenggarakan dalam rangka pembukaan Pra Pesta Kesenian Bali (PKB) yang Ke-39 di stadion Padang Kerta, Jalan Veteran, Amplapura, Jumat (2/6).

Pilihan Redaksi

  • Mobil Plat Merah Hantam Pembatas Jalan
  • Pra PKB Ke-39 di Karangasem Resmi Digelar
  • Operasi Pekat Tabanan Jaring 4 Gepeng Depan Masjid Kediri
  •  
    Lomba menulis aksara Bali yang diikuti oleh delapan pasang perwakilan dari seluruh Kecamatan mengharuskan peserta memakai tinta tradisional yang berbahan dasar buah kemiri atau buah nagasari yang dibakar. Sedangkan untuk materi yang akan disalin sudah disiapkan oleh panitia lomba beserta peralatannya seperti bantal sandaran untuk menulis, dulang sebagai meja, dan daun lontar sebagai media tempat menyalin aksara Bali.
     
    "Sikap duduk yang benar pada saat menulis yaitu badan harus tegak, posisi dari dulang sejajar dengan ulu hati, saat menulis harus memakai kedua tangan dan tangan juga harus lurus,” ujar Drs. I Ketut Merta salah satu dari tiga juri pada lomba tersebut.
     
    Selain itu, dalam memberikan penilaian ada beberapa hal yang menjadi perhatian seperti, bentuk dan komposisi tulisan, ketepatan ejaan, kerapian dan kebersihan, cara dan sikap menulis, serta ketuntasan pada saat menyalin. 
     
    "Nantinya siapapun peserta yang memndapatkan juara satu, berhak mewakili karangasem untuk lomba “nyastra” menyalin aksara Bali pada Pesta Kesenian Bali 10 juni mendatang," imbuhnya. [igs/wrt]

    Penulis : bbn/igs

    Editor : igs/wrt


    TAGS : Lomba Nyastra Bali



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV