Informasi

Bupati Klungkung Serahkan Bantuan Langsung Mandiri untuk Perbaikan Irigasi Subak Jebol

Rabu, 14 Juni 2017 | 18:04 WITA

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KLUNGKUNG.
Sejumlah saluran irigasi subak di wilayah KKlungkung jebol akibat diterjang banjir yang terjadi empat hari lalu. Atas kejadian ini ratusan hektar lahan pertanian di Subak Kacangdawa Desa Kamasan dan Toya Hee Desa Gelgel Subak tidak mendapat alian air.

Pilihan Redaksi

  • Klungkung Pentaskan Tabuh Kreasi Segara Prayala Dalam Parade Gong kebyar Dewasa PKB
  • Tulang Tempurung Kepala Pemuda Ini Bolong Gegara Tumor, Keluarga Minta Operasi Segera
  • Bupati Klungkung Kukuhkan Forum Anak Daerah
  •  
    “Kerusakan ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama, karena akan berdampak pada produktivitas para petani didaerah itu,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Rabu(14/6). 
     
    Dari pantauan dilapangan, sedikitnya empat titik saluran irigasi yang jebol, yakni satu lokasi di Subak Kacangdawa, Banjar Kacangdawa, Desa Kamasan dan tiga titik di Subak Toya Hee, Desa Gelgel. Kondisi ini mengakibatkan krisis air dialami para petani, padahal saat ini merupakan musim tanam padi yang membutuhkan volume air yang banyak. 
     
    Kelian subak Kacangdawa Kadek Martana mengatakan kejadian jebolnya saluran irigasi ini terjadi empat hari yang lalu ketika hujan deras. Akibatnya saluran irigasi sepanjang 15 meter jebol. 
     
    “Saluran irigasi ini untuk mengairi lahan di subak kacangdawa yang lahan pertaniannya seluas 124 hektar, ditambah lagi lahan di wilayah Desa Tangkas,” ujar Martana.
     
    Sementara itu di Subak Toya Hee Desa Gelgel, Kelian Subak Wayan Sukarta mengatakan saluran irigasinya mengalami kerusaannya sepanjang 12 meter. Saluran irigasi ini mengairi 14 hektar sawah yang tengah ditanami palawija dan padi. 
     
    Suwirta pun mengunjungi lokasi dan memberikan bantuan dana Bantuan Langsung Mandiri (BLM) dan diharapkan dapat membantu permasalahn ini. 
     
    Kunjungan Suwirta ini merupakan tindak lanjut atas laporan para Kelian Subak beserta anggotanya. Karena bersifat mendesak, Suwirta akhirnya memutuskan membantu perbaikan irigasi menggunakan dana operasionalnya sendiri. Penyerahan bantuan berupa uang tunai itu diserahkan di masing-masing lokasi subak. [rls/klk/wrt] 

    Penulis : bbcom/rls

    Editor : rls/klk/wrt


    TAGS : Bantuan Langsung Mandiri Iraigasi Subak Klungkung



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV