Warga Resah, Volume Lahar Dingin Kian Membesar - Beritabali.com

HOME / NEWS

Warga Resah, Volume Lahar Dingin Kian Membesar

Selasa, 05 Desember 2017 | 19:05 WITA

beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Beritabali.com, Karangasem. Lahar dingin kembali menerjang beberapa sungai di daerah Selat dan Bebandem. Kali ini volume banjir lahar dingin cukup besar dari banjir sebelumnya.
 
"Ya ada sejaman (satu jam) mulai besar alirannya," ujar Kadek Wijaya (17 tahun), salah satu warga yang menyaksikan terjangan lahar dingin tersebut.
 
Melihat fenomena tersebut banyak warga mulai bertanya-tanya dari mana sumber air sebesar itu berasal. Contohnya seperti Tukad Panti di Desa Duda Utara yang melintang di beberapa Dusun seperti, Dusun Tukad Sabuh, Dusun Geriana Kangin, Pegubugan dan Dusun Bangbang Biaung.
 
Sebelumnya sederas apapun hujan baik di hulu maupun di bagian bawah bahkan hingga berhari hari, tidak pernah sampai kemudian ada air mengaliri Tukad yang difungsikan sebagai jalan tersebut, apalagi sampai sederas itu.
 
Selain di Tukad Panti, volume lahar dingin juga serentak naik di beberapa sungai lainnya, seperti Sungai Yeh Sah. Jika dilihat derasnya aliran lahar dingin tampak sangat menakutkan.
 
Air bercampur lumpur melahap seluruh lahan pertanian di sekitar sungai. Bahkan upaya pensterilan yang dilakukan seolah - olah tidak ada efeknya sama sekali, akibat besarnya volume lahar dingin yang mengalir.
 
Yang membuat semakin khawatir, kondisi tiang penyangga jembatan Gesing. Beberapa waktu lalu besi besi yang tertanam di tengah beton mulai terlihat akibat hantaman batu yang terbawa aliran lahar dingin. Ditambah saat ini aliran lahar dingin mengalir dengan volume lebih besar.[bbn/igs/psk]

Penulis : bbn

Editor : bbn/igs/psk


TAGS : Lahar Dingin Gunung Agung


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV