Hukrim

Polsek Gilimanuk Gagalkan Penyelundupan Lima Ton Ikan Barakuda dan Cumi Beku

Jumat, 22 Desember 2017 | 21:00 WITA

beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Personil Polsek Kawasan Laut Gilimanuk berhasil menggagalkan penyelundupan komoditi berupa ikan barakuda beku dan cumi beku di dalam kendaraan boks ekspedisi, nopol K 1332 SH, seberat 5 Ton.

Pilihan Redaksi

 
Hal ini disampaikan Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Kompol I Nyoman Subawa melalui Kanit Reskrim AKP I Komang Muliyadi, SH Kamis (21/12) pukul 11.00 wita.
 
Komoditi ini diamankan lantaran tidak dilengkapi dokumen atau Sertifikat Kesehatan Karantina dari daerah asal, yaitu melanggar pasal 6 UU RI No. 16 Tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Bahwa.
 
"Setiap media pembawa hama dan penyakit hewan karantina, hama dan penyakit ikan karantina, atau organisme pengganggu tumbuhan karantina yang dibawa atau di kirim dari suatu area ke area lain di dalam wilayah negara Republik Indonesia wajib dilengkapi sertifikat kesehatan dari area asal bagi hewan, bahan asal hewan, hasil asal bahan hewan, ikan, tumbuh-tumbuhan dan bagian-bagian tumbuhan, kecuali media pembawa yang tergolong benda lain, melalui tempat-tempat pemasukan dan pengeluaran yang telah ditetapkan, dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina ditempat-tempat pemasukan dan pengeluaran untuk keperluan tindakan karantina," tegas Muliyadi
 
"Saya mengangkut barang ini dari Juana Pati Jawa Tengah dengan tujuan Denpasar Bali, saya hanya sebagai pengangkut saja, dan saya tidak mengetahui kalau membawa ikan dari Jawa ke Bali harus dilengkapi dengan sertifikat kesehatan dari Karantina ikan," ujar sopir kelahiran Pati  yang mengaku bernama Siswanto (31 tahun).
 
Dengan kejujuran Siswanto, kami berikan kesempatan untuk mengurus Sertifikat Kesehatan Karantina di Kantor Karantina Ikan wilayah kerja Ketapang, dan untuk sementara kendaraan beserta komoditi barang muatannya, kami amankan di Polsek Gilimanuk sambil menunggu kelengkapan dokumennya," pungkas muliyadi.[bbn/Jim/psk]

Penulis : bbn

Editor : bbn/jim/psk


TAGS : Penyelundupan Cumi Jembrana



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV