News

Siswa SMPN 3 Denpasar Raih Emas di Thailand

Rabu, 07 Februari 2018 | 06:19 WITA

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, .
Beritabali.com. Thailand. Tiga orang siswa SMPN 3 Denpasar berjaya dan mendapatkan emas dalam lomba penelitian tingkat internasional Thailand Inventor’s Day 2018. Ketiga siswa tersebut yaitu Ni Made Galuh Cakrawati Dharma Wijaya, I Ketut Cahaya Tirta Dharma Putra dan Sang Ayu Rania Callista Astarina. Salah satu siswa Ni Made Galuh Cakrawati Dharma Wijaya juga mendapatkan special award dari Arab Saudi dalam lomba yang digelar di Bangkok pada 2-6 Pebruari 2018.

Pilihan Redaksi

Galuh bersama timnya harus bersaing dalam lomba yang melibatkan sekitar 500 tim dari 22 negara yang berasal dari Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia. Lomba dalam bentuk persentasi di stand tersebut melibatkan pelajar, mahasiswa, dosen dan perusahaan. Galuh bersama timnya mendapatkan emas dalam penelitian kategori material.
Galuh bersama tim membawakan penelitian dengan judul “Bioisolator Listrik dari Kombinasi Sampah Daun Ketapang, Jerami Padi dan Limbah Kulit Telur”. Sebuah penelitian yang memanfaatkan limbah untuk bahan isolator listrik. Penelitian ini tidak saja merupakan upaya pemanfaatan bahan buangan tetapi juga menjadi upaya menjaga kelestarian lingkungan. Tim siswa SMPN 3 Denpasar ini unggul dari peneliti lainnya karena bioisolator yang dibawa sudah dalam bentuk jadi.
“Senang akhirnya dapat emas dan berharap dapat emas lagi di Malaysia dalam lomba di Nakaysua pada 21-26 Pebruari mendatang. Sehingga dapat 2 emas di internasional dalam sebulan, di Malaysia penelitian rompi anti peluru seri 2. Pengembangan dari sebelumnya” ujar  Ni Made Galuh Cakrawati Dharma Wijaya saat dihubungi melalui telpon pada Rabu, (7/2/2018).
Dalam Thailand Inventor’s Day 2018 terdapat 37 tim dari Indonesia, yang terdiri dari 14 tim pelajar dan 23 tim mahasiswa. Khusus dari Bali ada 8 tim pelajar yang terdiri dari 6 tim dari SMAN 3 Denpasar, 1 tim dari SMAN 1 Denpasar dan 1 tim dari SMPN 3 Denpasar. Tim dari SMAN 3 Denpasar mendapatkan 4 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Sedangkan tim SMAN 1 Denpasar hanya mendapatkan 1 perunggu. [mul]

Penulis : bbn

Editor : Muliarta


TAGS : Lomba Penelitian Internasional Thailand



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV