News

Melestarikan Lontar Kuno, Desa Pergung Terpilih Mewakili Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kamis, 29 Maret 2018 | 09:45 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Beritabali.com.Jembrana.  Desa Pergung Kecamatan Mendoyo berhasil mewakili Kabupaten Jembrana dalam Perlombaan Desa ke tingkat Provinsi tahun 2018, keberhasilan tersebut setelah  dinilai oleh Tim Penilai Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Bali bertempat di Kantor Desa Pergung Rabu (28/03/2018) pagi tadi.  Tim Penilai Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Bali disambut langsung oleh Asisten II Pemkab Jembrana I Putu Mertadana didampingi Camat Mendoyo, Perbekel Desa pergung, serta masyarakat desa Pergung.

Pilihan Redaksi

  • Membawa Shabu dan Ekstasi, Sepasang Kekasih Didudukkan di Kursi Pesakitan
  • Perlindungan Konsumen, Jembrana Gelar Tera Ulang Timbangan Pedagang Pasar
  • Driver Gojek Kirim 21 Gram Sabu Dalam Roti ke Lapas Kerobokan
  •   
    Dari penilaian kabupaten sebelumnya, desa pergung terpilih karena inovasinya dalam percepatan pelayanan administrasi masyarakat dan pelestarian lontar kuno. Sebanyak 150 lebih lontar kuno dapat diselamatkan dan dipusatkan di salah satu griya pergung (barat kantor lurah).  
     
    "Lontar akan kita terjemahkan dan pahami isinya sebagai bahan refrensi kehidupan bermasyarakat di desa pergung nantinya" ujar Wimantra Perbekel Desa Pergung. Sementara Bupati Jembrana I Putu Artha dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II  I Putu Mertadana berpesan agar memperhatikan keseimbangan antara perkembangan jaman dan isi lontar dalam penerapan di kehidupan bermasyarakat.
     
    Tim Penilai beserta Tim Pendamping Desa segara ke tempat penilaian sesuai bidangnya masing-masing. Tim Penilai juga melakukan peninjauan langsung ke lapangan untuk melihat kondisi sebenarnya desa Pergung.  Berkaitan dengan inovasi percepatan pelayanan administrasi masyarakat, sistem sebagai alat inovasi akan di simulasikan segera. (bbn/jim/rob)

    Penulis : bbn/jim

    Editor :


    TAGS : Lomba Desa Pergung Jembrana



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV