News

PVMBG: Longsor di Lereng Puncak Gunung Agung Merupakan Material Abu

Jumat, 30 Maret 2018 | 16:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Beritabali.com.Karangasem, PVMBG menyebutkan Longsor yang terjadi di lereng sebelah barat puncak Gunung Agung adalah penumpukan material abu menutupi areal lereng yang tergerus akibat paparan air hujan.

Pilihan Redaksi

  • Mobil Rombongan Pengantin Terbakar, Kerugian Diprakirakan Rp110 Juta
  • Dirjen Bimas Hindu Dinilai Tidak Paham Sistem Kaderisasi Organisasi
  • Tower Bersama Group Tawarkan CSR 100 Wifi dan 200 CCTV di Denpasar
  •  
    “Material abu yang cukup tebal di lereng puncak Gunung Agung, kemudian terpapar air hujan sehingga di beberapa titik tergerus cukup dalam dan terlihat seperti longsoran,” kata Izha Nurahmat selaku ketua tim pemantauan dari Bandung yang bertugas di Pos Pemantauan Gunung Api Agung rendang, Jumat (30/03).
     
    Namun pihaknya juga tidak memungkiri bahwa kemungkinan memang terjadi longsoran longsoran kecil apabila terjadi hujan cukup lebat di areal lereng Gunung Agung sehingga menyebabkan material yang ada di atasnya mengger

    Pilihan Redaksi

  • Polsek Gilimanuk Jaring 800 Kg Udang Tanpa Dokumen Karantina
  • Mantra-Kerta Siapkan Tiga Program Prioritas Bali Utara
  • Balai Karantina Denpasar Bakar Benih Sayuran Asal China
  • us bagian bawahnya.
     
    Sementara itu, terkait dugaan longsoran tersebut, sampai saat ini, alat seismic pos pemantauan Gunung Api Agung Rendang belum mencatat sesuatu yang mengindikasikan pergerakan tanah. Dengan peralatan yang sedemikian sensitif, apabila terjadi sesuatu di tubuh Gunung Agung, baik itu longsor maupun pergerakan tanah dan yang lainnya pasti akan terekam oleh alat.
     
    “Jangankan longsor, getaran akibat hujan saja terekam,” ungkapnya.
     
    Sebelumnya diketahui terjadi longsor di Lereng sebelah barat puncak Gunung Agung dilaporkan oleh Komang Eka Semaraputra salah seorang relawan sekaligus Humas Pesebaya Agung yang memantau lokasi longsoran tersebut pada Rabu, (28/03).
     
    Longsoran tersebut diprakirakan terjadi pasca letusan pada Minggu lalu sekitar pukul 09.30 wita. Perkiraan tersebut juga didukung beberapa kesaksian relawan bahwa sempat mendengan seperti suara reruntuhan yang berasal dari puncak Gunung Agung. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor :


    TAGS : Gunung Agung Lereng Sisi Barat Puncak Longsor



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV