Ekbis

Berkraf Dorong Kopi Indonesia Bisa Go International

Minggu, 08 April 2018 | 09:05 WITA

beritabalicom/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NUSWANTARA.
Beritabali.com, Jakarta. Negara Indonesia menjadi nomor empat exportir kopi ke dunia. Tetapi toko kopi Indonesia tidak ada di luar negeri. Mengapa?

Pilihan Redaksi

 
Padahal, menurut Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Joshua Puji Mulia Simandjuntak, toko kopi asal Amerika telah mendunia. Hal ini menjadi salah satu yang harus diperbaiki untuk mendukung toko kopi lokal bisa mendunia.
 
"Kalau dibilang, Amerika bukan penghasil kopi terbesar di dunia. Mengapa mereka bisa mendunia? Hal ini yang menjadi pacuan kita," papar Joshua saat ditemui di Upnormal, Jakarta, Jumat, (06/04/2017).
 
Untuk mendukung kopi Indonesia, Bekraf mengambil kebijakan untuk menggelar Roadshow Promosi Brand KOPI Dalam Rangka Pengembangan Pasar Luar Negeri,untuk saat ini yaitu, Amerika dan Kanada. Bekraf memberikan fasilitas dan pendukungan untuk membawa brand kopi ke mancanegara.
 
"Brand merupakan fokus pendukungan mengingat nilai tambah terbesar ekonomi kreatif terdapat pada intellectual property (IP) yang terkandung di dalamnya," tambahnya, seperti dilansir inilah.com.
 
Lebih lanjut dia menambahkan, dari program kopi ke Amerika dan Kanada ini diharapkan akan tercipta pembukaan cafe dengan brand Indonesia di Amerika dan Kanada, serta kerjasama berupa Sister Cafe dan pemasok kopi Indonesia ke beberapa roaster untuk dijual di pasar Amerika dan Kanada dengan tetap mencantumkan brand Indonesia.
 
Hal ini agar memberikan citra positif bagi Indonesia dan produk kreatif nasional di pasar internasional. Roadshow ini mulai tanggal 13 April di Los Angeles, Simpang Asia. Kemudian, roadshow tersebut akan berakhir pada 24 April di Vancouver, Nusa Cafe and other roasters, From Farm to Cup Business meeting.
 
"Nanti akan ada pertunjukkan dari Barista Indonesia. Barista Indonesia sudah ada yang World Champhions," paparnya. [bbn/idc/psk]

Penulis : bbn/inilahcom

Editor :


TAGS : Kopi Indonesia



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV