News

Jelang Galungan, Omset Pedagang Perlengkapan Penjor Naik Drastis

Minggu, 27 Mei 2018 | 11:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Beritabali.com,Karangasem. Omset pedagang perlengkapan upakara seperti bahan pembuat penjor melonjak drastis menjelang hari raya Galungan yang jatuh pada hari Rabu (30/5) mendatang.

Pilihan Redaksi

  • Bupati Artha: Selamat Galungan & Kuningan, Semoga Mendapat Berkah dan Perlindungan
  • Salah Kandang, Supir Pengangkut Ayam Boiler dan Kedua Rekannya Digiring Polisi
  • Bertabur Atraksi Seni, Ketua DPRD Karangasem Hadiri Lepas Pisah SMPN 2 Bebandem
  •  
    Seperti terlihat di Pasar Bebandem, Karangasem, sejak pagi sejumlah pedagang sampian diserbu pembeli. Menurut salah seorang pedagang, Ni Kadek Eva asal Bebandem, sejak 10 tahun berdagang ia mengakui sudah rutin menjelang hari raya seperti purnama dan piodalan lainnya memang ramai pembeli. Namun yang paling ramai yaitu menjelang hari raya Galungan.
     
    "Ya ramai menjelang hari raya galungan, kebanyakan beli perlengkapan penjor," ujarnya.
     
    Dalam sehari, omset penjualan Kadek bisa mencapai Rp5 juta meningkat dari penjualan hari biasa yang hanya di bawah Rp1 juta untuk per harinya. Sementara untuk proses pembuatan perlengkapan tang yang dijual, merupakan hasil buatan sendiri dengan bahan ental atau daun lontar.
     
    Untuk satu paket perlengkapan Penjor, kata dia dibanrol seharga Rp50 ribu per paketnya. Dalam satu bungkus paketan tersebut sudah lengkap untuk membuat 1 buah penjor yang terdiri dari bakang-bakang, sampian penjor, janur termasuk kain ongkaranya dan padi yang sudah disusun sedemikian rupa.
     
    Dari pengakuan salah satu pembeli, I Wayan Arta asal Bebandem mengatakan, dirinya memilih untuk membeli perlengkapan yang sudah jadi karena praktis tinggal pasang saja. Namun kendati demikian, dirinya tetap untuk beberapa perlengkapan dibuat sendiri terutama untuk upakara yang akan dihaturkan pada saat hari raya Galungan.
     
    "Ya harganya terjangkau, praktis tinggal pasang saja," ujarnya. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pedagang Perlengkapan Penjor Jelang Galungan



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV