Politik

KPU Tabanan Temukan 78 Lembar Surat Suara Pilgub Bali Rusak

Selasa, 05 Juni 2018 | 18:35 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Tabanan. Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Tabanan menemukan sebanyak 78 surat suara yang rusak dari 367.483 lembar surat suara yang diterima dari KPU Bali. Sebanyak 78 surat suara pilgub bali yang rusak itu telah melalui penyortiran saat pelipatan manual yang dilakukan oleh tenaga harian lepas. 

Pilihan Redaksi

  • Puncak HUT PBB ke-XVI, De Gadjah : Jangan Pecah Bersaudara Karena Hajatan Politik
  • Pekerja Pelipat Surat Suara di KPU Karangasem Dibayar Rp.65 Per Lipatan
  • KPU Tabanan Terima Distribusi Surat Suara Pilgub Bali
  •  
    Komisioner KPU Tabanan I Ketut Narta yang membidangi logistik, Selasa ( 5/6/2018) mengatakan dari total surat suara yang diterima dari KPU Bali yakni 367.483, setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan secara manual selama empat hari ditemukan 78 lembar surat suara yang rusak.   
     
    “Dari 78 lembar surat  suara yang rusak, kategori kerusakan yang paling banyak adalah tidak ada gambar pasangan calon, Sedangkan katagori kerusakan lainnya seperti sobek, dan potongan tidak simetris,” jelasnya.
      
    Surat suara yang rusak itu masih disimpan di KPU untuk bukti yang akan dilaporkan ke KPU Provinsi sebagai bukti kalau nanti ada pengecekan dari KPU Propinsi atau rekanan. Setelah ada perintah dari KPU Provinsi, kata dia barulah surat

    Pilihan Redaksi

  • Mengaku Peroleh dari Jaringan Lapas, 5 Pemuda Pesta Shabu Ditangkap
  • Jaya Negara Apresiasi Pembangunan Pasraman Satyam Eva Jayate
  • Satu Tahanan Kabur Ditangkap, Dalang Pelaku Dikejar ke Surabaya
  • suara itu dimusnahkan yang juga akan disaksikan oleh pengawas pemilu, tim kampanye pasangan calon, dan aparat keamanan.
     
    KPU Tabanan  menerima sebanyak  367.483 lembar, sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak  358.154 orang. Dimana jumlah surat suara yang datang disesuaikan dengan jumlah pemilih yang terdata yakni sebanyak 358.154 ditambah 2,5 persen untuk surat suara cadangan. 
     
    "Surat suara yang sudah dilipat kemudian akan dikemas dan disampul. Selanjutnya baru akan didistribusikan ke masing-masing TPS yang ada di Tabanan nantinya H-1 sebelum waktu pelaksanaan pemilihan,” tambah Narta. 
     
    Selain logistik surat suara, KPU Tabanan dalam persipan Pilgub Bali yang akan digelar 27 Juni mendatang, juga sudah menerima tinta pada tanggal 15 Mei lalu. Sebanyak 1.560 botol tinta sudah diterima yang nantinya akan dibagikan ke 780 TPS yang ada di Tabanan. Dimana tiap TPS akan menerima sekitar 2 botol tinta. (bbn/nod/rob) 

    Penulis : bbn/nod

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Surat Suara Rusak KPU Tabanan PIlgub Bali 2018



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV