Informasi

Umat Hindu di Inggris Rayakan Kuningan di Aula Hotel

Selasa, 12 Juni 2018 | 10:28 WITA

NBS

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NUSWANTARA.
Beritabali.com, Birmingham. Sekitar 75 orang umat Hindu di Inggris berkumpul dan melaksanakan persembahyangan bersama menyambut hari raya Kuningan pada 9 Juni 2018. Perayaan Kuningan yang berlangsung sangat akrab dan penuh suka cita tersebut bertempat di sebuah aula Hotel Campanile, Kota Birmingham. Mereka yang hadir datang hampir dari seluruh penjuru Inggris Raya seperti Manchester, London, Newcastle, Devon, Bristol dan beberapa kota lainnya.

Pilihan Redaksi

  • Pelaku Usaha Perlu Ikuti Perkembangan Ekonomi Digital
  • Nuansa Bali terasa sangat kental dengan hadirnya deretan beberapa pajegan khas Bali lengkap dengan sarana persembahyangan lainnya. Perayaan semakin lengkap dengan dengan berbagai kuliner khas seperti lawar, sate, sambal serta kudapan Bali. Beberapa warga Bali yang menikah dengan warga Inggris juga turut hadir bersama suami dan istri serta putra-putri mereka di acara yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari tersebut. Hal ini semakin menambah kemeriahan suasana di hari tersebut. 
    Rangkaian acara diawali dengan Puja Tri Sandya yang dipimpin oleh Putu Sudiana, seorang mahasiswa program doktoral di University of Newcastle. Kegiatan dilanjutkan dengan Panca Sembah dan Kidung Wargasari Turun Tirta. Usai upacara persembahyangan, acara dilanjutkan dengan persembahan tarian Rejang, hiburan joget dan lagu pop nusantara.
    “Yang menyatukan kami sesungguhnya adalah kerinduan dan rasa cinta kami pada Bali.” Ucap Dastrini Sessions yang juga akrab disapa sebagai Mbo Rini. Rini bersama dua warga Bali lainnya, Wayan Gunawan dan Pande Made Wisnu Tirtayasa, terus berupaya agar acara serupa bisa rutin dilaksanakan. Rini berkeinginan agar acara ini bisa semakin merangkul lebih banyak warga Bali dan juga masyarakat Inggris raya yang memiliki kedekatan dengan Bali.
    “Selain untuk bersembahyang bersama di hari raya Kuningan, saya ingin menjadikan satu hari ini seperti di Bali, meskipun kita sedang ada di Inggris”, sambung wanita Bali yang telah 27 tahun menetap di Manchester, Inggris ini. Tempat pelaksanaan kegiatan sempat berpindah-pindah, setelah beberapa kali dilaksanakan di Oldham, Greater Manchester, baru kemudian dilaksanakan di Hotel Campanile, Birmingham berkat bantuan Made Resurexi yang berasal dari Sanur, Bali dan sekarang menetap di Birmingham, Inggris.
    Kegiatan persembahyangan Kuningan di Inggris Raya ini telah dilakukan sejak tahun 2014 dan merupakan inisiatif dari Nyama Braya Bali-UK di United Kingdom yang diprakarsai oleh Agung Darmawan, Gede Maha Putra, Dwijaya Saputra dan Gede Pringgana, dimana semuanya telah kembali ke Bali. Sejak saat itu, acara perayaan Kuningan di Inggris rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Bagi warga perantau, dirasakan bahwa tantangan untuk memulai kegiatan semacam ini cukup besar, terlebih semua dilakukan dengan swadaya warga.
    Nyoman Suarja, warga Bali yang saat ini bertugas di Bank Mandiri Europe, London, mengungkapkan bahwa acara seperti ini cukup penting untuk dilaksanakan secara rutin. Hal ini harus menjadi tanggung jawab bersama, sebab rasa persaudaraan dan semangat menyama braya ini merupakan karakter dari orang Bali. “Saya bersyukur bisa turut hadir dan berjumpa dengan banyak warga Bali di perantauan yang jauh ini.” Ujar pria yang telah dua tahun

    Pilihan Redaksi

  • Sepeda Motor dan Mobil Pribadi Dominasi Puncak Arus Mudik
  • menetap di London, Inggris ini.
    Lain halnya dengan Keita Eriawan, pemuda Bali yang turut aktif membantu persiapan acara sejak sehari sebelumnya mengungkapkan, “Ini adalah kali kedua saya turut hadir dan merasa sangat senang bisa berkumpul merayakan Kuningan bersama.” Ucapnya saat ditanya tentang kesan setelah dua tahun tinggal di London, Inggris untuk menempuh studi di Hult International Business School.[bbn/NBS/mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : bbn/NBS/mul


    TAGS : Bali Hindu Kuningan Inggris



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV