News

Presiden Jokowi Lepas Pawai Pembukaan PKB ke-40

Sabtu, 23 Juni 2018 | 19:20 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Presiden Jokowi hadiri pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 di Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar pada Sabtu (23/6), sekitar pukul 15.00 Wita. 

Pilihan Redaksi

  • Bali Go Live Siarkan Langsung Pawai PKB ke-40
  • Tim Independen PKB Ingatkan Kesenian yang Hampir Punah Terus Kembali Digali
  • Tabanan Gelar PKB di Panggung Terbuka Garuda Wisnu Serasi
  •  
    Dengan iring-iringan Paspampres, Jokowi tiba di depan panggung kehormatan disambut Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose. Presiden mengenakan baju safari kemeja putih dan udeng hijau dengan kombinasi ornamen ukiran keemasan sedangkan ibu Iriana Jokowi serasi dengan mengenakan kebaya berwarna hijau.
     
    Presiden hadir berserta tim kabinet kerja diantaranya tampak Menteri Koperasi dan UKM, AA Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Bekraf Triawan Munaf.
     
    Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan berterimakasih karena di tengah kesibukan yang padat, Presiden beserta kabinet bersedia melepas pawai PKB kembali. PKB, lanjutnya merupakan acara rutin tahunan yang menjadi puncak apresiasi kesenian bagi seniman yang ada di Bali dimana akan menampilkan seluruh cabang dan jenis kesenian yang ada di Bali. Kehadiran bapak dan ibu Negara, kata dia memberikan dorongan moril untuk seniman dan budayawan untuk terus berkarya.
     
    Mengulas tema PKB tahun ini, Pastika menjelaskan "Teja Dharmaning Kauripan" yang berarti Api Spirit Penciptaan diwujudkan dalam setiap tampilan kesenian dan merupakan gambaran aktivitas masyarakat yang dilandasi kearifan lokal.
     
    "Dengan manfaatkan dan memuliakan sumber energi api panas sebagai sumber kreatifitas untuk kesejahteraan kehidupan," ujar Pastika.   
     
    Selepas Presiden Jokowi memukul gong yang menandai pawai PKB dimulai dengan tarian Siwa Natar

    Pilihan Redaksi

  • Tarik Layangan Bebean, Jaya Negara Tandai Pembukaan Pitik Kite Festival
  • Pohon Intaran "Pesu Api" di Pemaron, Warga Heboh
  • Bali Go Live Siarkan Langsung Pawai PKB ke-40
  • aja dan Labuh Gentuh dari ISI Denpasar. Selanjutnya aksi pawai dibuka oleh Pemerintah Provinsi lalu dilanjutkan oleh masing-masing kabupaten di Bali lainnya.
     
    Pastika menambahkan pawai kali ini menyajikan seni kolosal tiap tiap masing-masing daerah yang khas yang menguak keragaman budaya daerah bali dalam menyelaraskan dengan teknologi tanpa meninggalkan logika, etika, estetika dan logika. Dengan atraksi tersebut, sebutnya menandai kesiapan masing-masing kabupaten di Bali untuk mengisi atraksi kesenian selama sebulan berlangsungnya PKB yang dimulai pada 23 Juni hingga 21 Juli 2018 mendatang.
     
    Adapun selain diisi tiap kabupaten dan perguruan tinggi di Bali, pawai peserta PKB juga diramaikan dari luar daerah seperti ISI Tanah Papua, Forum Sunda Kecil, delegasi RRC dan Jepang. Usai tampilan masing-masing kabupaten Presiden ditemani Gubernur Bali seperti dijadwalkan sebelumnya menaiki kendaraan hias "Bale Bengong" beserta ibu Iriana. (bbn/rob)

    Penulis : I Komang Robby Patria

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Presiden Jokowi Pawai PKB Ke-40



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV