Politik

Bawaslu Bali: TPS di Buleleng Paling Rawan Saat Pilgub

Senin, 25 Juni 2018 | 13:05 WITA

beritabalicom foto

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Provinsi Bali, menyatakan telah melakukan pemetaan kerawanan tempat pemungutan suara (TPS) menjelang pemilihan Gubernur Bali pada Rabu 27 Juni. Hasilnya, TPS di Kabupaten Buleleng dinyatakan sebagai yang paling rawan. 

Pilihan Redaksi

 
"Pemetaan ini kita lakukan berdasar pada 6 variabel dan 15 indikator. Dari beberapa variabel dan indikator tersebut, Buleleng dianggap sebagai lokasi pemilihan paling rawan," jelas Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Rudia, di kantor Bawaslu Bali, kawasan Renon, Denpasar, Senin (25/6/2018). 
 
Keenam variabel yang dimaksud antara lain akurasi data pemilih atau hilangnya hak pilih, politik uang, netralitas kampanye, pemungutan suara, dan kampanye. 
 
Pada variabel akurasi data pemilih, sebanyak 12,1 persen atau total 763 TPS di Bali dianggap rawan. dari 763 TPS rawan tersebut terbanyak di kabupaten Buleleng yakni sebesar 307 TPS. Sisanya antara lain 162 di Tabanan, 113 di Gianyar, 61 di Jembrana, 47 di Denpasar, 46 di Karangasem, 17 di Klungkung dan 10 di Bangli.
 
"Begitu juga dengan money politic atau politik uang, dengan total 81 TPS rawan se-Bali atau 1,3 persen, terbanyak adalah kabupaten Buleleng dengan jumlah 39 TPS. Pada variabel netralitas KPPS, dengan persentase 0,2 persen se bali, 6 tps paling rawan juga di Buleleng,"jelas Rudia. 
 
Tingkat kerawanan sendiri, kata Rudia, dibagi menjadi 3 kategori yakni rawan, rawan sedang, dan rawan tinggi.
 
Dari 3 kategori rawan tersebut, Kabupaten Buleleng ada dalam posisi rawan tinggi atau paling rawan. Enam kabupaten ada dalam posisi rawan sedang yakni Gianyar, Klungkung, Karangasem, Bangli, Tabanan, dan Denpasar. Sementara dua masuk kategori rawan yakni Jembrana dan Badung.
 
"Pemetaan dilakukan Bawaslu Bali mulai tanggal 10 Juni hingga 22 Juni 2018 lalu. Data ini sifatnya tidak statis namun masih bisa terus berubah. Kita akan terus melakukan patroli di daerah yang paling rawan," ujar mantan wartawan koran ini. [bbn/psk]

Penulis : Putra Setiawan

Editor :


TAGS : Bawaslu Bali Pilgub Bali



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV