Politik

Miliki Surat A5, Satu Tahanan Mapolda Bali Memilih di Balik Jeruji

Kamis, 28 Juni 2018 | 08:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Dari 17 tersangka yang ditahan di Mapolda Bali, hanya 1 orang yang memenuhi syarat ikut nyoblos, yakni tersangka kasus pencurian, I Komang Adi Wiratnyana. Sedangkan belasan lainnya tidak memenuhi syarat karena tidak memiliki surat model A5 atau Surat Keterangan Pindah Memilih.

Pilihan Redaksi

  • TPS Unik di Banjar Blungbang, Pemilih Disambut PPS Berpakaian Penari Tenun
  • Seni Burdah, Akulturasi Islam Pegayaman dan Hindu Bali
  • Kesaktian Bagus Bang Manik Angkeran Membakar Hutan dengan Air Seninya
  •  
    Kepada para tahanan, Ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara, Anak Agung Gede Kerta Negara mengatakan, pihaknya hanya menjalankan aturan yang ada. Dimana yang bisa memilih adalah para tahanan yang membawa surat model A5, meskipun sudah mempunyai surat C.6 dan e-KTP. Ditambahkannya, bahwa ketentuan dalam Peraturan KPU membolehkan pemilih pindah memilih karena keadaan tertentu. Beberapa keadaan tersebut di antaranya karena tugas kerja atau belajar, rawat inap di rumah sakit, menjadi tahanan dan keadaan lain yakni karena pindah domisili atau tertimpa bencana alam. 
     
    “Jadi, surat A5 didapatkan di PPS tingkat desa/kelurahan asal, sesuai yang ditentukan di DPT. Jadi, kalau memiliki

    Pilihan Redaksi

  • Mengapa Pilgub Bali "Adem Ayem" ?
  • Belum Terkait Teroris, Polda Sementara Tangkap Pelaku Kepemilikan Sajam
  • Rawan Pelanggaran, Panwaslu Tabanan Pantau TPS Dekat Posko Tim Sukses
  • surat model A5 baru bisa mencoblos,” ujar Anak Agung Gede Kerta Negara. 
     
    Pemilihan Kepala Daerah di Bali tidak hanya untuk masyarakat umum semata, tapi juga para tersangka yang mendekam di rumah tahanan (rutan) Polda Bali juga ikut memeriahkan pesta demokrasi tersebut. Sebelum dilakukan penyoblosan, Ketua KPPS mendatangi rumah tahanan Polda Bali untuk memberikan penyuluhan kepada para tahanan Polda Bali. 
     
    Rombongan Ketua KPPS didampingi Panwas, Made Ardiyasa, Wadir Tahti Polda Bali, Kompol I Nyoman Rusta Alit, Kasubdit Pamtah Dittahti Polda Bali, Kompol I Wayan Tukar dan Kasubdit Barbuk Dittahti Polda Bali Kompol Ahmad Jaelani.
     
    Mendengar penjelasan Ketua KPPS, seluruh penghuni Rutan Mapolda Bali bisa menerima dan tidak mempermasalahkan hal tersebut. Selanjutnya satu orang tahanan yang terlibat kasus pencurian, bernama I Komang Adi Wiratnyana melaksanakan pencoblosan di bilik suara yang sudah disiapkan petugas KPPS. (bbn/Spy/rob)

    Penulis : Surya Kelana

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Tahanan Mapolda Nyoblos Pilgub Bali 2018



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV