Hukrim

Nasabah Bank Tangkap Pasangan Kekasih Pembobol ATM

Rabu, 04 Juli 2018 | 22:10 WITA

beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Pasangan kekasih, tersangka Yonas Angga (25) dan Yanti (25), pembobol ATM bermodus ganjal kartu ATM berhasil dibekuk seorang nasabah bank bernama Yuliana. Perempuan ini dengan gagah berani membekuk kedua pelaku yang berusaha membawa lari ATM miliknya, saat bertransaksi di ATM Mandiri area Ar’ys Mikro Mart di Jalan Buana Raya Padangsambian, Denpasar Barat.

Pilihan Redaksi

 
Kapolsek Denpasar Barat, Kompol Adnan Pandibu, mengatakan pasangan kekasih itu sudah diamankan dan masih diperiksa. Keduanya mengaku beraksi di ATM Mandiri Arena Ar’ys Mikro Mart Jalan Buana Raya Padangsambian Denbar dan ATM BNI areal SBU samping McD di Jalan Teuku Umar Denbar. 
 
“Dua korban sudah melaporkan kejadian, yakni Anak Agung Endah Wiryati Putri dan Georgina Elisabeth Karenhapauk Sudalle,” terang Kapolsek.
 
Mantan Polsek Denpasar Timur itu mengatakan, kedua pelaku beraksi dengan menggunakan modus mengganjal kartu ATM dengan potongan air mineral dan berpura-pura memberikan bantuan. Kemudian memasang kertas call center bank di ATM agar nasabah bank percaya dan memberikan nomor pin ATM. 
“Jadi modus pelaku ini mereka menyuruh korban mengulang transaksi penarikan uang dan melihat Pin. Selanjutnya menguras uang korban di ATM,” ungkap Kapolsek didampingi Kanitreskrim Iptu Aji Yoga Sekar.
 
Pasangan kekasih asal Palembang Sumatera Selatan itu awalnya mendatangi ke ATM Bank Mandiri area Arys Mikro Mart Jalan Buana Raya Padangsambian Denpasar, Senin (2/7) sekitar pukul 10.30 Wita. Tersangka Yonas masuk dan memasang ganjalan potongan botol air mineral pada lubang kartu ATM. Sedangkan pacarnya, tersangka Yanti mengawasi di luar.
 
Tak lama, masuklah nasabah bank Mandiri, Anak Agung Endah Wiryati Putri hendak bertransaksi. Namun kartu ATM miliknya tertelan di mesin ATM. Tersangka Yonas kemudian berpura-pura memberikan bantuan dan menyuruh korban bertransaksi ulang sambil melihat korban mengetik nomor pin ATM.
 
Namun tetap saja tidak berhasil mengeluarkan kartu ATM. Melihat korban panik, tersangka menyuruh korban menghubungi call center Bank Mandiri. 
 
“Korban lalu pergi keluar menghubungi call center. Kedua tersangka juga berpura-pura pergi, namun balik lagi ke TKP,” ungkap perwira asal Sumatera Utara itu.  
 
Tiba di ATM, pasangan kekasih itu melihat seorang nasabah perempuan bernama Yuliana sedang bertransaksi, namun kartu ATM miliknya nyangkut. Melihat itu, tersangka Yonas memberikan bantuan dan memasukkan gergaji ke lubang ATM, namun tidak berhasil. Akibatnya  timbul kecurigaan saksi Yuliana dan menanyakan dimana kartu ATM miliknya.
 
Sadar aksinya ketahuan, tersangka Yonas kabur bersama pacarnya Yanti dengan mengendarai sepeda motor. Namun saksi Yuliana yang tidak terima ATM miliknya dilarikan segera mengejar dan menarik rambut tersangka Yanti dari belakang dan akhirnya keduanya terjatuh.
 
“Saksi nasabah menarik rambut tersangka Yanti hingga keduanya terjatuh dan selanjutnya diamankan masyarakat,” ujar Kompol Adnan. 
 
Sementara barang bukti yang diamankan dari para pelaku yakni obeng, tang, gunting potongan botol air mineral, stiker bank mandiri, lem alteco, gergaji besi, lakban, 2 hp nokia, stiker informasi dan keluhan, serta uang tunai Rp 818.000. [bbn/Spy/psk]

Penulis : Surya Kelana

Editor :


TAGS : Pembobol Atm



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV