Ekbis

BI Sebut Indeks Harga Properti Tipe Besar Relatif Lebih Tinggi

Jumat, 27 September 2019 | 07:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
 Berdasarkan tipe rumah pertumbuhan indeks rata-rata harga properti tipe besar relatif lebih tinggi dibandingkan tipe menengah. Pertumbuhan rumah tipe besar mencapai 0,41 persen dan untuk tipe rumah menengah 0,32 persen. 

Pilihan Redaksi

  • Pameran Properti Internasional, REI Bali Target Tembus Transaksi Rp100 M
  • Suku Bunga Acuan BI Turun, Diharapkan Dorong Kredit Usaha di Bali
  • REI Bali Sambut Penambahan Dana Rumah Subsidi Rp8,6 triliun Bak Angin Surga
  •  
    "Penjualan properti tentu tidak bisa dilepaskan dari sisi perekonomian nasional maupun dunia yang mengalami perlambatan," kata Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali M Setyawan Santoso belum lama ini.<

    Pilihan Redaksi

  • Gubernur Koster Ingin Bali Mampu Meniru Kemajuan Tiongkok
  • Bali Terima Penghargaan dengan Indeks Demokrasi Tertinggi Kedua Se-Indonesia
  • Penyaluran Dana KUR di Bali Dominan Terserap Sektor Perdagangan
  • /div>
     
    Apalagi ditinjau dari sumber pembiayaan, lanjutnya, pengembang masih mengandalkan dana pinjaman dari bank sebagai sumber pembiayaan pembangunan properti residensial. Hasil survei menunjukkan sumber pembiayaan dari pinjaman bank masih mendominasi 85% diikuti pembiayaan menggunakan dana internal sendiri 11% dan pembiayaan lembaga keuangan non bank sebesar 4%. 
     
    Melihat adanya kelonggaran tentang besaran Loan to Value (LTV) dari sebelumnya 80% menjadi 85% diharapkan dapat menggairahkan pertumbuhan kredit di sektor properti. LTV 85% atau hanya 15% dari modal sendiri, sedangkan besaran pinjaman yang dapat diberikan kredit oleh bank sebesar 85%. 
     
    Sementara itu, jika dilihat hasil survei harga properti residensial (SHPR) sekunder untuk triwulan II/2019, menunjukkan perlambatan. Pertumbuhan harga rumah sekunder pada triwulan II/2019 tercatat sebesar 0,37 persen atau melambat tipis dari 0,53 persen pada triwulan sebelumnya. (bbn/aga/rob)

    Penulis : I Komang Robby Patria

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Properti BI Penjualan Perekonomian Bali Rumah



    News Lainnya :


    Berita Lainnya