News

Gairahkan Tradisi, Bupati Artha Dorong Usulan Makepung Gubernur Cup

Selasa, 07 Agustus 2018 | 09:10 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Beritabali.com,Jembrana. Bupati Jembrana I Putu Artha segera berkoordinasi dengan Gubernur terpilih terkait usulan dari sekaa Makepung untuk penyelenggaraan Gubernur Cup seperti yang pernah dilaksanakan sebelumnya agar kembali menggairahkan tradisi Makepung sekaligus mendukung pariwisata Bali.

Pilihan Redaksi

  • Animo Warga Jembrana Tinggi, Universitas Terbuka Jalin Kersama dengan Pemkab
  • Konjen Tiongkok Jajaki Potensi Pariwisata dan Perdagangan Jembrana
  • Korupsi Dana Kematian Rp171 juta, Oknum Disos Jembrana Diganjar 4 Tahun
  •  
    “Mudah mudahan pada akhir tahu atau tahun depan sudah bisa digelar,“ ungkapnya saat penyelenggaraan Makepung Bupati Cup 2018 di Sirkuit Satwa Jayante, Desa Tuwed Melaya, minggu (5/8).
     
    Ia juga mengatakan, Makepung sebagai salah satu warisan tradisi khas Jembrana sehingga harus tetap dilestarikan. Tantangan mekepung khususnya bagi sekaa juga disadari cukup berat, khususnya dari sisi biaya serta regenerasi.  Karena itu Ia sangat mengapresiasi digelarnya Mekepung Bupati Cup tahun ini. 
     
    “Mekepung itu merupakan tradisi khas yang hanya ada di Jembrana selain kesenian Jegog. Karena itu sudah wajib harus kita lestarikan, dengan rutin menggelar event. Pesertanya juga tidak boleh stagnan harus terus bertambah, sehingga generasi kita yang mendatang tetap tahu apa itu mekepung,” ujar artha. 
     
    Ia juga menyampaikan komitmen pemerintah daerah untuk terus memperjuangkan kelestarian mekepung, salah satunya dengan menganggarkan perbaikan sarana prasarana penunjang, seperti sirkuit dan lintasan mekepung.
     
    Sementara itu dalam kejuaraan Makepung tersebut, tuan rumah, Ijogading Barat, sukses menjuarai Makepung Bupati Cup. Mekepung Bupati Cup tahun ini memperebutkan hadiah total sebesar Rp90 juta, merupakan event tahunan yang sengaja digelar

    Pilihan Redaksi

  • Dampak Gempa, SDN 2 Ubung Mengalami Retakan di Beberapa Bangunan
  • Populasi Babi Bali Hanya Mencapai 30 Persen
  • Manfaatkan Kelengahan Korban, Pencuri Congkel Sadel Motor dan Mengambil 2 HP
  • guna menyambut Hut Kemerdekaan RI ke-73 serta HUT Kota Negara ke-123.
     
    Tahun ini Ijogading Barat menerjunkan 145 pasang kerbau, sedangkan  tim  ijogading timur 117 pasang kerbau. Kendati demikian perlombaan berlangsung seru , joki masing-masing tim saling berupaya keras mengalahkan lawan-lawannya . Ditambah lagi jalur lintasan yang agak becek karena hujan malam sebelumnya, menambah ketat  pertandingan.
     
    Di hadapan ribuan penonton termasuk sejumlah wisatawan, para joki dari blok Ijogading Barat  yang menggunakan segaram serta bendera warna hijau mendominasi dalam pertandingan Regu A, B, serta C, dengan 45 poin. Sedangkan Ijogading Timur dengan seragam berwarna merah, hanya mampu meraup 14 poin.
     
    "Seluruh hadiah tidak ada yang dibawa pulang. Kita kembalikan lagi untuk berbagai keperluan seka mekepung yang operasionalnya cukup besar. Ini juga untuk kebersamaan,” ujar Made Mara, Ketua Panitia Mekepung Bupati Cup 2018. (bbn/jim/rob)
     

    Penulis : bbn/jim

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Makepung Bupati Cup Gubernur Cup Jembrana



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV