Wisatawan Asing Diduga Pelaku Pencurian 24 Penyu di Penangkaran - Beritabali.com

HOME / NEWS / HUKRIM

Wisatawan Asing Diduga Pelaku Pencurian 24 Penyu di Penangkaran

Kamis, 09 Januari 2020 | 07:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Kasus hilangnya 24 ekor penyu di penangkaran Konservasi Penyu Sindhu Dwarawati, Denpasar Selatan, Senin (10/10/2019) silam, menunjukkan perkembangan terbaru. Diduga kuat, pelakunya seorang wisatawan asing dan sengaja melepaskan penyu-penyu tersebut ke pantai. 

Dugaan itu disampaikan Kanit Reskrim Polsek Denpasar Selatan Iptu Hadimastika, Rabu (8/1/2020). Menurutnya kasus ini masih tahap proses penyelidikan dan belum berhasil menangkap pelakunya. Beberapa saksi bahkan sudah diperiksa namun jejak pelaku tidak ditemukan. 

"Kayaknya penyu itu sengaja dilepas pelaku," ujar Iptu Hadimastika.

Mantan Kanit Reskrim Polsek Ubud Gianyar itu mengatakan berdasarkan rekaman CCTV dilokasi kejadian pelaku terlihat berkali-kali keluar masuk ke lokasi penangkaran dan berkali-kali pula menuju pantai. 

"Kalau dilihat dari rekaman, pelaku bolak balik masuk ke penangkaran lalu keluar ke pantai lagi sembari membawa penyu," ujarnya. 

Dilihat dari aksi tersebut, pelaku ada 5 kali keluar masuk penangkaran rentan waktu 1 jam. Jika dilihat secara seksama, pelaku seorang diri yang mengangkut penyu penyu tersebut ke pantai. 

"Kalau berat penyu tak seberapa. Banyak yang kecil, ada juga yang besar tapi jumlahnya sedikit," bebernya.

Dijelaskannya, belum ada kepastian jika pelakunya seorang aktivis wisatawan asing. Karena memang orang asing biasanya pecinta satwa dan mungkin saja tidak ingin melihat ada penyu di penangkaran. 

"Niatnya mungkin baik melepaskan penyu penyu ke pantai, tapi caranya salah dan sudah melanggar hukum," terangnya. 

Meski demikian kata Iptu Hadimastika pihaknya akan terus melakukan penyelidikan mengejar pelakunya. 

"Tetap kami selidiki. Kami juga masih mencari informasi apakah pelaku ke sana jalan kaki atau naik kendaraan, tegasnya. 

Sebelumnya diberitakan, seorang wisatawan asing wajahnya terekam dalam aksi pencurian di Konservasi Penyu Sindu Dwarawati, Denpasar Selatan, Senin (10/10) dini hari lalu. Pelaku yang masih dalam pengejaran polisi itu, terekam CCTV lantaran mencuri 9 ekor penyu dan 15 anak penyu atau tukik. 

Dalam kejadian itu, pihak konservasi penyu Sindu Dwarawati mengalami kerugian mencapai Rp 15 juta. Hilangnya puluhan ekor penyu dilaporkan Made Winarta (43) selaku Wakil Ketua Konservasi ke Polsek Denpasar Selatan.

Penulis : I Komang Robby Patria

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Pencuri Penyu Sanur Wisatawan Asing Penyu Pencurian


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya