Informasi

Pastika Minta Ekowisata Hutan Desa Wanagiri Bebas Sampah Plastik

Jumat, 24 Agustus 2018 | 23:55 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Beritabali.com,Buleleng. Gubernur Bali Made Mangku Pastika meresmikan Showcase (ruang pameran) Ekowisata Hutan Desa Wanagiri di Obyek Wisata Air Terjun Banyumala, Kecamatan Sukasada Buleleng, Jumat (24/8).

Pilihan Redaksi

  • Pastika Didaulat Jadi Penasehat Gema Perdamaian
  • Pastika Kritik Metode Mengajar Dosen yang Monoton dan Membosankan
  • Ingatkan Modal SDM, Pastika Letakkan Batu Pertama Pasraman Satyam Eva Jayate
  •  
    Satu hal yang ditekankan Gubernur Bali dalam sambutannya adalah agar lingkungan alam Wanagiri tetap dijaga. “Terima kasih kepada pemerintah yang memberi akses ke hutan, tapi harus dijaga,” kata Pastika. 
     
    Ia berharap pengunjung dan masyarakat sekitar benar-benar menjaga kebersihan kawasan ekowisata hutan Desa Wanagiri. Bahkan, Ia menambahkan jika memungkinkan tidak membawa plastik ke kawasan itu. “Harus bebas sampah plastik,” tegasnya. Pastika juga menghimbau kepada siapapun yang melihat sampah plastik di kawasan tersebut agar segera memungut dan membuangnya pada tempatnya. 
     
    Menurut Gubernur Pastika, sebagai tempat obyek wisata air, hutan Wanagiri berfungsi menjaga ai

    Pilihan Redaksi

  • Bekas Pembalap Montor Bali Jambrut Dadi Korban Narkoba
  • Tersangka Ismaya Dipindahkan ke Rutan Mako Brimob Polda Bali
  • Mantan Pebalap Bali Disidang Karena Kepemilikan Narkoba
  • r. Itulah sebabnya menjaga hutan sama dengan menjaga air, tambahnya. “Hutan ini untuk memelihara air. (Upacara) Wanakerti itu ada sekaligus untuk memelihara Wisnu (Dewa pemelihara/Dewa Air),” kata Pastika.
     
    Gubernur Pastika juga berkesempatan meninjau pameran dari Komunitas Jejaring Pemerhati Lingkungan (Jepri-Link) yang menampilkan produk-produk berbasis penyelamatan lingkungan seperti eco-brick, komposter dan produk lainnya. Selain itu ada pula pameran produk-produk masyarakat yang berbasis kearifan lokal yang menampilkan berbagai olahan makanan produksi masyarakat lokal.
     
    Untuk memperindah kawasan hutan Gubernur Pastika bersama Anggota DPR RI Tutik  Kusumawardhani melakukan penanaman anggrek di kawasan tersebut. Peresmian dihadiri Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Kehutanan RI Bambang Supriyanto, dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bali Drh. Luh Ayu Aryani, MP serta stakeholders di bidang ekowisata. (bbn/rlspemprov/rob)

    Penulis : bbn/humasprovinsibali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Ekowisata Hutan Desa Wanagiri Buleleng Gubernur Pastika Bebas Sampah Plastik



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV