Informasi

Nama Denpasar Berawal Dari Keberadaan Taman di Utara Pasar

Selasa, 18 September 2018 | 06:28 WITA

puriagungdenpasar.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com, Denpasar. Sejarah nama Denpasar berawal dari taman yang berada di sebelah utara pasar. Dimana 'den' yang berarti utara dan ‘pasar’ berarti pasar. Sejarah mencatat bahwa taman tersebut dibangun semasa Raja Kyai Jambe Aji / Kyai Jambe Aeng yang merupakan Raja Badung IV dari Dinasti Kejambean.  Beliau merupakan penguasa Kerajaan Badung dengan pusat pemerintahannya di Puri Ksatria pada tahun 1750.

Pilihan Redaksi

  • Wahana Pengenalan Lingkungan, PAUD di Denpasar Manfaatkan Taman Kota Lumintang
  • “Raja Kyai Jambe Aji cinta keindahan alam, sehingga saat beliau memegang tampuk pemerintahan di Kerajaan Badung, dibuatlah pertamanan (narmada) di sebelah utara pasar. Tetaman ini berada kurang lebih 500 meter ke arah selatan Puri Ksatria” jelas putra Raja Denpasar IX Dr. A.A. Ngurah Agung Wira Bima Wikrama, ST, M.Si saat dikonfirmasi pada Senin (17/9).
    Menurut Ngurah Bima, lokasi pasar itu kini menjadi Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Sedangkan lokasi taman kini berada di Rumah Jabatan Gubernur Bali, jalan Surapati Nomor 1 Denpasar.
    Ngurah Bima mengungkapkan taman Den Pasar inilah selanjutnya menjadi tempat Puri Denpasar yang selesai dibangun pada 1788 oleh Raja I Gusti Ngurah Made Pemecutan sebagai Raja Badung VI atau Raja Denpasar I. Setelah kompleks Puri Denpasar selesai dibangun, akhirnya Kerajaan Badung yang semula dipusatkan di Puri Ksatria selanjutnya dipindahkan ke Puri Denpasar. Kini sebagian besar areal itu menjadi lokasi Rumah Jabatan Gubernur Bali / Gedung Jaya Sabha dan Hotel Ina Bali.
    Mengutif artikel berjudul “ Sejarah dan Perkembangan Kota Denpasar sebagai Kota Budaya “ karya Ni Made Yudantini, Kadek Agus Surya Darma, dan Wayan Wiryawan pada tahun 2017 d

    Pilihan Redaksi

  • Pemkot Denpasar Terima Penghargaan Dukcapil Hebat
  • isebutkan bahwa sejak kemerdekaan, Denpasar menjadi bagian dari Sunda Kecil pada tanggal 24 Desember 1946 di bawah NIT (Negara Indonesia Timur) dan juga menjadi bagian dari Kabupaten Badung. Berdasarkan pertimbangan antara Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, kesepakatan dibuat untuk meningkatkan status Kota Administratif Denpasar menjadi Kota Denpasar berdasarkan Peraturan No. 1/1992, 15 Januari 1992, yang memungkinkan pembentukan Kota Denpasar, dan diresmikan oleh Menteri dalam Negeri tanggal 27 Februari 1992.[bbn/mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Nengah Muliarta


    TAGS : Nama Denpasar Puri Ksatria



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV