Informasi

Pemprov Bali Komitmen Wujudkan Lembaga Pemerintahan Yang Akuntabel

Rabu, 19 September 2018 | 18:20 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Pemerintah Provinsi Bali memiliki komitmen kuat dalam mewujudkan pemerintahan yang akuntabel. Hal tersebut ditegaskan Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali I Wayan Suarjana dalam acara  pembukaan evaluasi akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi Provinsi Bali Tahun 2018, di Hotel Sovereign, Tuban, Badung, Rabu (19/9). 

Pilihan Redaksi

  • Berbasis Komunitas Anak Bali, Panitia UVJF Harap Pemprov Dukung Even Berikutnya
  • Pemprov Target Peningkatan Pendapatan Pajak Daerah Rp129 M
  • Tokoh Hindu di Bali Desak Pemprov Rancang Regulasi Perlindungan Kawasan Suci
  •  
    Lebih jauh dalam sambutannya, Gubernur Bali menyampaikan penilaian akuntabilitas kinerja instansi pemerintah diharapkan mampu  mewujudkan  governance culture, yang mampu menjawab tantangan zaman. Hal ini ditempuh dengan peningkatan kualitas pelayanan publik secara adil dan bijaksana, melalui sejumlah perubahan, seperti transformasi budaya birokrasi, peningkatan kinerja instansi, transparansi, dan optimalisasi serapan anggaran yang akuntabel. 
     
    Ditambahkannya, untuk mewujudkan kinerja pemerintahan yang baik, setidaknya bisa dicapai melalui beberapa cara diantaranya  perencanaan yang berkualitas, pengarahan yang baik disertai keteladanan, ketersediaan informasi secara tepat waktu, adanya keterlibatan dari pemangku kepentingan, manajemen sumberdaya yang baik, pengendalian yang tepat, dan pelaksanaan yang transparan. 
     
    “Semua ini merupakan proses panjang dalam mewujudkan tanggung jawab moral untuk melakukan reformasi birokrasi, sebagai pintu masuk melakukan akselerasi pelayanan kepada masyarakat secara lebih optimal. Komitmen yang kuat sangat diperlukan dalam mewujudkan lembaga pemerintahan yang akuntabel, “ imbuhnya. 
     
    Sementara itu, Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diwakili oleh Bapak Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan  Ronald Andrea Annas, Ak dalam sambu

    Pilihan Redaksi

  • Pansus DPRD Bali Rekomendasi Gubernur Komunikasi Intens Terkait Dana Perimbangan
  • Warga Keluhkan Kerusakan Jembatan Sepang dan Berharap Perbaikan Total
  • Klungkung Matangkan Kerjasama dengan Kota Toyama Jepang
  • tannya menyampaikan bahwa terdapat tiga sasaran dalam reformasi birokrasi yaitu Pemerintah yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, Pemerintah yang efektif dan efisien serta Pelayanan publik yang baik dan berkualitas. 
     
    Evaluasi AKIP dan RB dilaksanakan dengan tujuan memotret pelaksanaan akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi, memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi periode sebelumnya, memberikan saran perbaikan sebagai percepatan pelaksanaan akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi serta  menetapkan Indeks RB dan Tingkat Akuntabilitas. 
     
    Evaluasi akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi Provinsi Bali Tahun 2018 berlangsung dari tanggal 19-21 September 2018. Turut hadir pada acara tersebut Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali serta Kepala OPD Kabupaten/Kota se-Bali, sekaligus pemaparan dari masing-masing OPD terkait pelaksanaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan reformasi birokrasi. (bbn/rlspemprov/rob)

    Penulis : bbn/humasprovinsibali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Lembaga Yang Akuntabel Pemprov Bali



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV