Ekbis

6 Aplikasi Penunjang Bisnis yang Perlu Kamu Miliki

Sabtu, 29 September 2018 | 09:43 WITA

bbn/Shutterstock/WAYHome Studio

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Berbisnis tanpa aplikasi penunjang di era digital seperti saat ini bak mengarungi lautan dengan kapal dayung. Bisa bergerak tapi lajunya lambat. Keberadaan aplikasi penunjang bisnis banyak sekali jumlahnya, begitu pula dengan ragamnya. Dan yang lebih penting bisa ditemukan di mana-mana, bahkan beberapa ada yang gratis.

Pilihan Redaksi

  • Permudah Administrasi Kepegawaian, Klungkung Luncurkan Aplikasi SIAP
  • BUMDes Hadapi Industri 4.0, Perlu Perubahan Pola Pikir dari Agraris ke Bisnis
  • Aplikasi Pro Denpasar Plus Ada Layanan Pengantaran Barang Bukti Tilang
  •  
    Dengan demikian, ini tinggal perkara memilih aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Dalam tulisan ini, kami akan coba mengkurasi dan menjabarkan sejumlah aplikasi yang mungkin cocok dengan kebutuhan dasar setiap bisnis.
     
    1.  Evernote
     
    Aplikasi ini pada dasarnya adalah buku catatan digital. Anda bisa menuliskan hampir segala jenis data ke dalam catatan, mulai dari teks, audio, halaman web, hingga gambar. Fitur penting dari Evernote adalah sinkronisasi antar perangkat.
     
    Ini artinya, Anda tak hanya bisa mengakses catatan di handphone saja, namun juga di handphone cadangan, tablet, hingga komputer Anda. Jadi tidak usah khawatir menuangkan corat-coret ide bisnis Anda. Di mana pun menuliskannya, Anda tetap akan bisa mengaksesnya di setiap perangkat yang Anda pakai.
     
    2. Slack
     
    Dalam sebuah tim yang membangun bisnis, komunikasi adalah kunci dan Slack adalah pintunya. Slack merupakan aplikasi chat yang didesain untuk menunjang produktivitas sebuah kelompok.
     
    Pada dasarnya, Slack tak berbeda dengan aplikasi chat pada umumnya, membuat percakapan antar individu maupun dalam grup, dan berfungsi di hampir semua platform. Yang khas dari Slack adalah fitur Channel yang ditujukan membentuk ruang obrolan yang fokus dalam satu topik pembahasan. 
     
    Slack juga dikenal karena kemudahannya dalam berbagi dokumen. Ketika menggunakan versi desktop, Anda cukup drag & drop dokumen yang ingin dibagi ke dalam aplikasi.
     
    3. Jurnal
     
    Pencatatan arus keuangan merupakan poin krusial dalam berbisnis. Beruntung, kini sudah ada beberapa aplikasi akuntansi yang bahkan bisa dipakai di perangkat mobile, salah satunya adalah Jurnal. 
     
    Dengan aplikasi ini, Anda bisa memantau arus kas masuk dan keluar, melihat penjualan dan pembelian, serta daftar invoice, hingga mengecek stok barang. Namun kekuatan utama aplikasi ini adalah ia bisa menyajikan laporan keuangan yang spesifik namun mudah dipahami. Alhasil, Anda bisa terus memperoleh informasi tentang performa bisnis mulai dari data penjualan,pembelian, biaya, atau laba rugi.
     
    4. Crazy Egg
     
    Jika Anda kebingungan mencari mengembangkan situs web bisnis, Crazy Egg bisa jadi adalah solusinya. Pada prinsipnya, Crazy Egg adalah aplikasi pemantau (heatmap) interaksi pengunjung situs web yang Anda miliki. 
     
    Aplikasi ini bisa mengenali bagian mana saja dari situs Anda yang digemari oleh pengunjung ataupun yang tidak menarik. Namun yang menjadi kelebihan utama Crazy Egg adalah ia bisa memberikan informasi yang menyeluruh tentang pengunjung situs Anda dan menyajikannya dalam sebuah ringkasan besar sehingga lebih mudah untuk mencermati anatomi situs bisnis Anda.
     
    Tak heran, kemampuan Crazy Egg ini cukup membuatnya popular sebagai aplikasi penunjang produktivitas. Bagi Anda yang berbisnis dengan mengandalkan situs web, ini merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki.
     
    5. Moka
     
    Urusan kasir ternyata punya porsi vital dalam pengembangan sebuah tempat usaha. Salah satu aplikasi yang dapat menjadi rujukan dalam bidang ini adalah Moka.
     
    Secara singkat, Moka adalah sistem kasir yang bisa diunduh di perangkat Anda. Sistem ini sudah terintegrasi dengan EDC sehingga dapat menerima pembayaran debit atau kredit. 
     
    Namun yang menarik dari sistem Moka adalah ia tak sekadar mer

    Pilihan Redaksi

  • Sejarah Kelam G30S 1965 di Bali (20--Selesai): Perlu Rekonsiliasi Antar Semua Kekuatan Nasional
  • Ngendag Memacul, Ritual Memohon Ijin Mulai Mencangkul
  • Anggaran Rehabilitasi Tahap II Gedung Kesenian I Ketut Maria Rp.6 M
  • ingankan tugas front office karena ia mencatat laporan penjualan, stok inventaris, hingga menerima masukan dari pelanggan. Lebih dari itu, Moka dapat menyajikan beragam analisis untuk memudahkan pemilik usaha memutuskan sesuatu. Tertarik mencoba? Mungkin Anda bisa mengecek langsung ke situs mereka.
     
    6. KanbanFlow
     
    Aplikasi pengelola tugas wajib hukumnya dimiliki oleh mereka yang sedang merintis bisnis. Penting karena dengan aplikasi semacam itu, mereka bisa memetakan pekerjaan mana yang harus dikerjakan dahulu dan mana yang bisa digarap belakangan. KanbanFlow adalah contoh aplikasi macam itu.
     
    Pada prinsipnya, KanbanFlow ini bisa dipakai untuk kerja tim atau individu. Ia adalah aplikasi untuk memetakan tahapan tugas-tugas yang harus Anda atau tim kerjakan. Manajemen pembagian tugas untuk kelompok juga bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Alhasil dalam KanbanFlow ini pengerjaan tugas dapat terpampang dengan jelas sehingga memudahkan koordinasi kelompok.

    Penulis : Berita Advertorial

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : 6 Aplikasi Penunjang Bisnis Moka



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV