Informasi

RAPBD 2019 Denpasar Dirancang Rp.1,88 T

Kamis, 04 Oktober 2018 | 17:20 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menjelaskan bahwa pada tahun anggaran 2019, adapun Pendapatan dirancang sebesar Rp.1,88 triliun lebih. Hal itu disebutkannya dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD Kota Denpasar membahas rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019 pada Kamis (4/10) di Gedung DPRD Denpasar.

Pilihan Redaksi

  • Serap Tenaga Kerja 30%, Pemkot Kembali Gelar Job Fair ke-15
  • Rancangan APBD 2019 Bali Direncanakan Defisit Rp.363,4 M
  • RAPBD Bali 2018: Pendapatan Naik Rp278 M, Belanja Turun Rp68 M
  •  
    Ia merinci jumlah tersebut terdiri atas Pendapatan Asli Daerah yang dirancang sebesar Rp. 833,49 milyar lebih, Dana Perimbangan dirancang sebesar Rp. 753,14 miliar lebih dan penerimaan lain-lain Pendapatan Daerah yang sah dirancang sebesar Rp. 295,81 miliar lebih. 
     
    Sedangkan untuk pos belanja daerah dibagi dua menjadi belanja langsung dan belanja tidak langsung. Dimana, belanja tidak langsung sebesar Rp. 989 milyar lebih atau 48,16 persen yang terdiri atas belanja pegawai, belanja hibah, belanja bantuan social, belanja bagi hasil kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan desa, belanja bantuan keuangan kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan desa serta partai politik, dan belanja tidak terduga.  Sedangkan belanja langsung dirancang sebesar Rp. 1.06 triliun lebih atau 51,84 persen. Jumlah tersebut terdiri atas belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja modal.
     
    “Dari penyusunan APBD Tahun 2019 ini besar harapan dapat menjadi acuan dalam bekerja dan berinovasi sehingga mampu mencapai sasaran pembangunan di segala lini,” paparnya. 
     
    Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan bahwa keseluruhan anggaran tersebut tentunya bertujuan guna mempercepat pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan rakyat. Hal ini mencakup beragam inovasi yang termasuk didalamnya yakni peningkatan kualitas kesehatan antara lain melalui upaya kesehatan masyarakat, perbaikan gizi masyarakat, pengembangan lingkungan sehat, hingga pencegahan penyakit menular. 
     
    Selain itu, peningkatan ekonomi kerakyatan dan penanggulangan kemiskinan antara lain melalui program pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil menengah. Pengendalian lingkungan hidup antara lain melalui program pengendalaian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup, hingga pengembangan dan pengelolaan pertamanan ser

    Pilihan Redaksi

  • Berambut Agak Panjang, Wakapolres Badung Instruksikan Anggotanya Cukur Rambut
  • Pekak Ngembin Gantung Diri di Atas Pohon Kopi
  • Bupati Eka Lantik Puluhan Pejabat Pemkab Tabanan
  • ta pengelolaan ruang terbuka hiju (RTH). Sementara dalam pembangunan infrastruktur dan tata ruang melalui program pengembangan perumahan, perencanaan tata ruang hingga pemanfaatan ruang dan pengendalian. 
     
    “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan anggota Dewan atas kerjasamanya telah merampungkan tahapan pembahasan kebijakan umum anggaran, serta mengharapkan koreksi yang konstruktif dalam pembahasan nanti. Sehingga apa yang kita rumuskan akan memberi hasil yang terbaik bagi kelangsungan pembangunan Kota Denpasar yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
     
    Sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede ini dihadiri Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Made Mulyawan Arya, anggota DPRD Kota Denpasar, serta Forkompinda Kota Denpasar. (bbn/rlsdps/rob)

    Penulis : bbn/humasdenpasar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : RAPBD 2019 Denpasar Dirancang Rp.1,88 M



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV