News

Media Diminta Kedepankan Fungsi Edukasi

Kamis, 04 Oktober 2018 | 17:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi mengingatkan media untuk mengedepankan fungsi edukasi karena hal tersebut telah diamanatkan dalam Undang-Undang Pers. Hal tersebut disampaikan Jimmy Silalahi dalam kegiatan seminar penguatan dan pemberdayaan ekosistem pers di Kuta, Badung pada Kamis (4/10).

Pilihan Redaksi

  • RAPBD 2019 Denpasar Dirancang Rp.1,88 T
  • Berambut Agak Panjang, Wakapolres Badung Instruksikan Anggotanya Cukur Rambut
  • Pekak Ngembin Gantung Diri di Atas Pohon Kopi
  •  
    Menurut Jimmy, media seharusnya mampu mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan. Bukan justru memprovokasi melalui berita yang provokatif.
     
    "Faktanya kita terkadang mudah terpancing akibat pemberitaan media. Maka bukan hanya kecerdasan media yang diperlukan, tapi juga kebijakan media yang diperlukan," kata Jimmy.
     
    Jimmy mengungkapkan salah satu edukasi yang penting dilakukan di tengah isu bencana alam adalah edukasi mitigasi bencana. Mitigasi bencana menjadi penting agar masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.
     
    Jimmy mengakui bahwa terkadang karena banyaknya kepentingan pragmatis dari media justru menyebabkan media menghasilkan berita yang provokatif. Dimana berita provokatif hanya akan memunculkan konflik di masyarakat.[bbn/mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Media Dewan Pers Fungsi Edukasi



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV