Arya Wedakarna Didesak Minta Maaf kepada Sulinggih Soroh Tertentu - Beritabali.com

HOME / NEWS

Arya Wedakarna Didesak Minta Maaf kepada Sulinggih Soroh Tertentu

Rabu, 08 Januari 2020 | 16:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Ida Bagus K. Susena, selaku Soroh Hindunesia mendesak kepada Arya Wedakarna untuk memelihara persatuan Hindu Bali dan berpegang pada etika dan penghormatan kepada sulinggih hindu di Bali.

Pilihan Redaksi

  • IB Kade Perdana Sebut Wedakarna Ngawur, Arogan dan Provokator
  • Wedakarna Kritik Sebutan "Surya" dan Persaingan Sulinggih di Bali
  • Dikatakan mencermati gerakan Arya Wedakarna beberapa waktu belakangan ini dengan publikasi video yang viral di berbagai media sosial, Susena melihat Wedakarna sudah tidak pada kendali emosi dan intelektual yang pada porsi yang harusnya melekat sesuai jabatannya.
    Terutama yang berkaitan dengan pernyataannya yang bisa menimbulkan perpecahan di internal Hindu Bali yang sudah digerogoti dari berbagai sisi. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau dan menyarankan agar Wedakarna segera interospeksi diri untuk:
    1. Tidak mencampur adukkan perjuangan politik anda dengan Hindu, terutama Hindu Bali. 
    2. Mengurangi ego bahwa seolah-olah anda ahli agama dan kuasa dengan jabatannya untuk mengatakan hal-hal yang berkaitan dengan Hindu   Bali. Padahal dirinya bukan ahli agama dan membangun emosi pendengar yang kadar pemahaman agamanya kurang menjadi terbuai dan hanyut dalam "pembelaan kaum marjinal versinya". 
    3. Menjaga etika dan sopan santun dalam menyampaikan Dharma Wacana agar tak menjadi Adharma Wacana.
    4. Menghormati eksistensi sulinggih dari soroh manapun tanpa melakukan fitnah dan menebar kebencian antar satu dengan yang lainnya.
    5. Belajar lagi memahami konsep Hindu Bali dengan sastra bukan dengan emosi sehingga anda berbicara sesuai kapasitas sebagai intelektual yang disegani.
    6. Menghentikan penyebaran kebencian yang bernuansa SARA, Rasisme dan pengelompokan golongan dalam setiap pidato anda. Hanya untuk dapat dukungan dan simpati.
    7. Segera meminta maaf kepada kelompok sulinggih dan soroh tertentu yang telah dijadikan obyek kebencian dalam setiap pidato dan wacana dan disampaikan lewat media yang selama ini anda gunakan juga untuk propaganda anda.
    8. Membangun semangat kebersamaan dan kerjasama dengan semua komponen untuk memperjuangkan Hindu baik di Bali maupun luar Bali secara murni dan konsekuen. 
    9. Menghentikan feodalisasi diri dengan menjadikan diri anda Raja dan mencari status Ksatria, karena Arya Wedakarna terkenal anti feodalisme dan kasta. Karena dengan tetap menganggap diri seperti itu, maka tak ubahnya sebagai maling teriak maling.

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Arya Wedakarna Sulinggih Persatuan Hindu Bali


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV