News

18 Ribu Peserta Genjek Kolosal Bakal Tampil di Taman Ujung Soekasada

Kamis, 18 Oktober 2018 | 17:05 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Beritabali.com,Karangasem. Memperingati hari Sumpah Pemuda, pada tanggal 28 Oktober 2018 nanti, pemerintah Kabupaten Karangasem kembali akan menggelar Genjek kolosal dengan jumlah 18.000 peserta.

Pilihan Redaksi

  • Banyak Warga Karangasem Masih Ingin Miliki Lebih dari 10 Anak
  • Pecinta Burung Lokal dan Luar Daerah Ikuti Lomba Kicauan di Karangasem
  • Kebakaran Sekolah TK di Karangasem, 4 Bangunan Hangus Dilalap Api
  •  
    Pagelaran Genjek Kolosal dengan jumlah peserta puluhan ribu ini rencananya akan berlangsung di Taman Sukasada Ujung, Karangasem tepat di hari peringatan Sumpah Pemuda. Adapun para peserta Genjek kolosal ini berasal dari beberapa unsur seperti dari perwakilan siswa SMA/SMK di Kabupaten Karangasem sebanyak 7.800 orang, dari masing masing kecamatan sebanyak 600 orang per kecamatan ada juga dari BUMD, karang taruna sebanyak 500 orang, dari perwakilan para guru sebanyak 500 orang, perwakilan pengadilan dan kejaksaan, 100 orang perwakilan dari Polres, 100 orang perwakilan TNI, dari SKPD 3000 orang dan masih banyak yang lainnya.
     
    Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem, I Putu Arnawa  yang menjadi sektor lini dalam pementasan ini mengatakan. Untuk pelaksanaan Genjek Kolosal Kabupaten Karangasem 2018 ini akan dilakukan oleh pihak ketiga dalam hal ini Ida Ayu Ratih Ratna Dewi selaku Ketua panitia even. Sedangkan Pemerintah hanya memfasilitasi seperti menyediakan peserta dan lain sebagainya.
     
    "Pelaksanaannya pihak ketiga, Pemerintah hanya memfasilitasi saja seperti menyediakan peserta," ujarnya.
     
    Ketua panitia acara even genjek kolosal Kabupaten Karangasem 2018 , Ida Ayu Ratih Ratna Dewi menuturkan pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan salah satunya adalah lirik serta nyanyian yang akan dibawakan nanti. Mulai tanggal 19 Oktober mendatang pihaknya beserta peserta Genjek Kolosal ink akan melaksanakan latihan di stadion Amlapura bersama seka Genjek inti yang akan memimpin pementasan pada 28 Oktober nanti.
     
    Selain itu, pihaknya juga datang ke masing masing kecamatan untuk berlatih bersama. Pada tanggal 22 Oktober, dirinya akan melaksanakan latihan bersama di Kecamatan Bandem dan Manggis

    Pilihan Redaksi

  • Komplotan Penyelundup 30.500 Benih Lobster ke Singapura Jalani Sidang
  • Rumusan dan Konsep Sains Untuk Pembangunan Berkesinambungan
  • Pemkot Gorontalo Bakal Contoh Revitalisasi Sungai di Denpasar
  • . Setelah itu, pada tanggal 23 Oktober latihan bersama akan dilaksanakan di 3 Kecamatan yaitu Rendang, Selat dan Kecamatan Sidemen. Terakhir sebelum gladi bersih pada 27 Oktober, akan dilaksanakan latihan bersama di Kecamatan Abang dan Kubu pada tanggal 25 Oktober.
     
    Tidak hanya itu, Peserta Genjek Kolosal ini tidak hanya diikuti kaum laki laki saja melainkan peserta perempuan juga ikut ambil bagian. Nantinya pada saat pementasan, panitia akan mempersiapkan udeng dan saput bagi para lelaki sementara untuk yang wanita diwajibkan memakai kebaya berwarna putih sementara panitia mempersiapkan selendang berwarna biru untuk dipakai saat pentas.
     
    Terkait anggaran kegiatan, Kadis Kebudayaan I Putu Arnawa tidak menyebutkan jumlah nominalnya karena even ini merupakan kerja sama dengan berbagai sponsor dan itu pun hanya untuk pembelian kostum saja.
     
    "Kita ini acara bersama-sama anggap saja kita reunian dengan sambil megenjekan," tandasnya. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Genjek Kolosal Taman Ujung Soekasada Karangasem 18 Ribu Peserta



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV