Informasi

Gubernur Koster: Yadnya Tidak Ada Besar Kecil, Semua Sudah Ada Tatanannya

Rabu, 24 Oktober 2018 | 23:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan sangat mendukung segala upacara pujawali yang sudah dilangsungkan secara turun temurun sebagai sebuah tradisi yang digelar secara periodik sesuai waktu yang telah ditentukan. Ini harus dijaga dan dilestarikan karena sudah disesuaikan dengan tatanan dan tingkatan upacara oleh para leluhur kita sebelumnya. 

Pilihan Redaksi

  • Paket Wisata Bali Dijual Murah, Koster Minta Pemerintah Tiongkok Awasi Warganya
  • Gubernur Koster Minta Krama Panjer Tidak Menutup Diri dengan Orang Luar
  • Karnaval Kebudayaan, Koster Jelaskan pada Jokowi Makna Upacara dalam Atraksi
  •  
    "Terkait yadnya tidak ada ukuran besar-kecil, semua sudah ada tatanan dan tingkatan yang sudah termuat dalam sastra agama, baik  utama, madya, nista dan sebagainya. Jika  sudah dilaksanakan sesuai tradisi, saya rasa tidak ada masalah, itulah bentuk kepercayaan yang sudah turun temurun, yang tujuannya adalah untuk memohon kebahagiaan, kesejahteraan dan ketentraman masyarakatnya," ujar Koster usai melaksanakan persembahyangan di Pura Kehen.
     
    Bertepatan dengan rahina Purnama Kalima yang jatuh pada Budh

    Pilihan Redaksi

  • Polisi Periksa Kejiwaan Penculik Remaja Autis Diduga Punya Kelainan Seks
  • Keluarga Korban Tewas Dikeroyok Sempat Tidak Terima Tuntutan Jaksa Dinilai Ringan
  • Puncak Piodalan Mepedudusan Agung di Pura Penataran Agung Pucak Mangu
  • a Paing Landep, Rabu (24/10) Gubernur Wayan Koster menghadiri puncak upacara pujawali di beberapa pura Kahyangan Jagat di Bali, diantaranya di Pura Dalem Balingkang dan Pura Kehen, Kabupaten Bangli, serta di Pura Kentel Gumi, Kabupaten Klungkung. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Koster berbaur dengan masyarakat pengempon dan pemedek melaksanakan persembahyangan bersama guna mendoakan jagat Bali beserta isinya yang harmonis dan sejahtera. 
     
    Bentuk dukungan nyata Koster terhadap pelestarian adat, budaya, tradisi dan agama yang bersumber dari akar kehidupan masyarakat Bali pun dituangkan dalam visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, sehingga masyarakat bisa melaksanakan secara berkesinambungan. 
     
    Kehadiran Koster di ketiga Pura Kahyangan Jagat tersebut juga turut didampingi pimpinan daerah masing-masing, diantaranya Bupati Bangli Made Gianyar dan Wakil Bupati Sang Nyoman Sedana Arta, serta Bupati Klungkung Nyoman Suwirta. Koster juga berkesempatan menghadiri pujawali di Pura Penataran Pengootan, Kintamani, Bangli. (bbn/rlspemprov/rob)

    Penulis : bbn/humasprovinsibali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Gubernur Koster Yadnya Tatanan Tingkatan



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV