News

Mahasiswa UNS Belajar Cara Membuat Lontar dan Perawatannya di Karangasem

Rabu, 07 November 2018 | 09:59 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Beritabali.com,Karangasem. Sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Politik, Program D III Perpustakaan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) datang ke Museum Lontar Dukuh Penaban, Karangasem, Selasa (06/11). Rasa penasaran yang membawa mereka ingin mengetahui cara membuat lontar dan proses perawatannya.

Pilihan Redaksi

  • Fenomena "Colek Pamor" Kembali Gegerkan Karangasem
  • BNN Karangasem Tes Urine Puluhan Pegawai BPN, 9 Pegawai Berhalangan Hadir
  • PDI-P Karangasem Target 16 Kursi di Pileg 2019
  •  
    Museum Lontar Dukuh Penaban dipilih sebagai lokasi kegiatan tersebut dalam rangka Kuliah kerja lapangan mahasiswa tersebut.  Menurut Bendesa Dukuh Penaban, I Nengah Suarya didampingi Penyarikan Desa, I Nengah Sudana Wiryawan mengatakan, pihak museum melalui Kurator Ide I Dewa Gede Catra memberikan kuliah umum tentang tahapan proses pembuatan kertas daun Lontar dari bahan baku hingga siap untuk ditulisi.
     
    "Para mahasiswa ini diberikan semacam kuliah umum oleh Kurator terkait proses pengolahan daun lontar hingga siap menjadi media tulis," kata Suarya.
     
    Tidak hanya dijelaskan cara pengolahan daun lontar, para mahasiswa tersebut juga diberikan materi tentang tata cara merawat dan mengkonservasi sebuah lontar. Pemaparan teori saja tidak lengkap, Kurator juga memberikan praktek langsung kepada mahasiswa untuk menuliskan namanya masing-masing di atas daun lontar dengan menggunakan aksara Bali. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Mahasiswa UNS Belajar Lontar Dan Perawatannya Museum Lontar Dukuh Penaban



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV