Akibat Ulah manusia, Bencana Sulit Diprediksi di Era "Antroposen" - Beritabali.com

HOME / NEWS

Akibat Ulah manusia, Bencana Sulit Diprediksi di Era "Antroposen"

Minggu, 05 Januari 2020 | 13:00 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Bumi saat ini masuk ke era "Antroposen". Di era ini, kestabilan alam mulai hilang dan dampaknya juga sulit diprediksi.

"Di era antroposen ini, secara geologis sistem bumi telah berubah drastis yang disebabkan oleh manusia. Hal ini menyebabkan kestabilan alam mulai hilang dan dampaknya sulit diprediksi. Kondisi ini berbeda dengan susunan geologi sebelumnya (era Holocene) dimana sistem bumi saat itu masih stabil sehingga kerja alam masih bisa kita prediksi,"jelas Dosen Hukum Lingkungan UGM, I Gusti Agung Made Wardana Ph.D, kepada beritabali.com, Minggu (5/1/2020).

Agung Wardana menambahkan, contoh sederhana dalam konteks Bali, di masa sebelumnya yakni era "holocene" petani Bali mengembangkan konsep "Kertamasa" dimana siklus tanam tergantung pada kerja alam berdasarkan sasih (bulan). Tapi karena kerja alam saat ini sudah berubah, "Kertamasa" tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi sebagai pedoman bercocok tanam bagi petani. 

"Cuaca dan sasih sudah jauh bergeser dari era sebelumnya. Makanya banyak petani yang bingung dengan hitung-hitungan sasih dan akhirnya gagal tanam. Makanya di era antroposen ini kita harus beradaptasi dengan ketidakpastian kerja alam,"ujarnya.

Contoh ketidakstabilan alam lainnya di era antroposen, menurut Agung adalah pergeseran musim termasuk kebakaran hutan di Australia. 

"Bumi saat ini juga masuk fase Terra Incognita, yakni fase bumi yang belum kita ketahui akan kemana bumi ini bergerak,"ujarnya.

Menurut Wikipedia, Antroposen adalah kala yang bermula ketika aktivitas manusia mulai memiliki pengaruh global terhadap ekosistem Bumi. Istilah ini sudah digunakan oleh ilmuwan Soviet sejak awal 1960-an untuk menyebut Kuarter, periode geologi terkini. 

Penulis : Putra Setiawan

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Antroposen Bali Bencana Alam


Info Iklan

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya