Informasi

Pantai Lumangan, Destinasi Wisata Baru di Nusa Penida

Sabtu, 17 November 2018 | 16:05 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KLUNGKUNG.
Beritabali.com,Klungkung. Klungkung memperkenalkan satu lagi destinasi wisata baru yang mulai dipromosikan yaitu Pantai Lumangan di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida.

Pilihan Redaksi

  • Pimpin Aksi Bersih Pantai, Bupati Suwirta Bantah Upaya Pencitraan
  • Kasus Pungli Pecalang di Pantai Matahari Terbit, Polisi Dalami Pelaku Utamanya
  • Aksi Bersih-Bersih di Pantai Perancak Terkumpul Total 1.709 Kg Sampah
  •  
    Pantai ini diharapkan bisa menjadi objek wisata berikutnya setelah pantai Kelingking, Anggel Billabong dan Pasih Uwug (Broken Beach) yang lebih awal sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Dalam mengawali brandingnya, Pemkab Klungkung melalui Dinas Pariwisata bersama UPT. Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kecamatan Nusa Penida melakukan aksi bersih-bersih di sekitar pantai Lumangan, Sabtu (17/11). 
     
    Aksi yang juga melibatkan warga masyarakat setempat dipimpin langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Kegiatan ini dilakukan agar lingkungan pantai selalu terjaga kebersihannya, terlebih tempat ini akan dipromosikan sebagai destinasi wisata baru di Nusa Penida. 
     
    “Silakan yang punya handphone foto-foto disini dan share agar banyak yang melihat dan tahu dengan tempat ini,” ujar Suwirta dihadapan peserta bersih pantai. 
     
    Menurutnya, objek wisata pantai Lumangan memang belum banyak yang mengenal dan belum banyak yang mengunjungi. Bupati berharap pantai Lumangan bisa menjadi destinasi berikutnya setelah pantai Kelingking, Angel Billabong dan Pasih Uwug yang lokasinya berdekatan. Terkait akses menuju pantai yang terbilang kurang bagus, Bupati asal Nusa Ceningan ini meminta masyarakat tidak terlalu berlebihan menjual kejelekan di media sosial terkait jalan rusak kepada tamu. Tetapi bagaimana menjual kebagusan, keindahan yang sudah ada dengan baik dan jalan yang masih rusak bisa diceritakan bahwa ini merupakan sebuah proses. 
     
    “Pemerintah tidak akan tinggal diam. Saya datang hari ini, hadir hari ini, melihat hari ini dan pikirkan hari ini, saya akan lakukan membuat jalan ini menjadi lebih bagus,” ucapnya. 
     
    Terkait dengan pungutan atau retribusi, Bupati meminta Desa Din

    Pilihan Redaksi

  • Sarana Wifi di Tiap Desa Diharapkan Mendukung Pemasaran UMKM Bali Lebih Luas
  • Tergolong Sadis dan Melawan, 2 Perampok Gagal Beraksi Ditembak Kakinya
  • Pemuda Diminta Jadikan Semangat dan Pengorbanan Pahlawan Sebagai Inspirasi
  • as maupun Desa Adat (Pakraman) dan warga sekitar untuk tidak terburu-buru melakukan pungutan. Ini adalah hal yang kurang bagus. Tetapi bagaimana objek wisata ini berproses, tamu datang dan tentu nanti akan diatur dengan regulasi oleh pemerintah daerah melalui Peraturan Daerah (Perda) maupun Badan Pengelola, sehingga apa yang dihasilkan disini bisa juga dinikmati oleh desa-desa lainnya. 
     
    Perbekel Desa Bunga Mekar, Wayan Yasa menyampaikan objek wisata Pantai Lumangan yang masuk wilayah Banjar Dinas Penangkidan mempunyai daya tarik wisata yang sangat baik. Di sekitarnya ada lokasi menyelam atau yang disebut Manta point. Terbukti banyak boat setiap hari yang datang membawa wisatawan ke wilayah ini. 
     
    “Harapan kami pemerintah daerah bisa membantu dan bersama-sama memperkenalkan objek wisata ini agar ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara karena letaknya yang juga berdekatan dengan destinasi pantai Kelingking, Angel Billabong dan Pasih Uwug,” sebutnya. (bbn/rlsklk/rob)

    Penulis : bbn/humasklungkung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pantai Lamungan Nusa Penida Destinasi Wisata Baru Klungkung



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV