Wabup Kembang Ajak Masyarakat Ubah Pola Pikir Pengelolaan Sampah - Beritabali.com

HOME / NEWS

Kelurahan Pendem Jembrana Gelar Parade Daur Ulang Sampah

Wabup Kembang Ajak Masyarakat Ubah Pola Pikir Pengelolaan Sampah

Kamis, 22 November 2018 | 06:10 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Beritabali.com,Jembrana. Persoalan sampah akan menjadi ancaman serius bagi Jembrana apabila tidak disikapi mulai sekarang. Diperlukan solusi berbeda akan penanganan  sampah mengingat keterbatasan lahan TPA serta meningkatnya volume sampah akibat pertumbuhan penduduk. 

Pilihan Redaksi

  • Cegah Sampah Berserakan, Pantai Tulamben Memerlukan Ratusan Tong Sampah
  • Eco Bali Kumpulkan 2.200 Ton Sampah Kemasan Tetra Pak
  • Pendidikan Pengelolaan Sampah Harus Dimulai Dari Sekolah
  •  
    Untuk itu Wabup Kembang Hartawan mengajak  merubah pola pikir masyarakat soal sampah. Menurutnya, menciptakan lingkungan hidup bersih dan sehat adalah tanggung jawab bersama, bukan pemerintah seorang. Sehingga diperlukan mindset tentang cara mengelola sampah yang benar, bahkan mampu menghasilkan nilai tambah.
     
    Hal itu disampaikan Kembang saat menghadiri kegiatan peduli sampah usia dini yang dirangkaikan dengan parade busana daur ulang di kelurahan Pendem (21/11). ”Kegiatan ini salah satu contoh kepedulian akan lingkungan bersih sehat sejak dini. Mulai dari diri sendiri, sampai rumah tangga, dan bahkan ternyata sampahpun bisa dimanfaatkan sehingga bernilai ekonomi. Kesadaran  seperti ini patut kita dukung dan tumbuhkan,“ puji Wabup Kembang. 
     
    Untuk di Jembrana sendiri, Kembang menyebut kelurahan Pendem yang sudah berinovasi dalam menangani sampah. Dimulai dari membangun kesadaran masyrakat akan lingkungan bersih dan sehat dengan membuat gang hijau secara swadaya. Setelah itu ada lomba antar gang, mengedukasi masyarakat melalui pemilahan sampah di tingkat rumah tangga, sampai inovasi baru seperti sekarang dengan parade daur ulang. 
     
    “Awalnya Cuma ada satu gang hijau. Kemudian bersama pihak kelurahan terus kita dorong sehingga gang-gang hijau lainnya terus tumbuh seperti deret ukur. Kedepan saya berharap semua desa /kelurahan diJembrana juga bisa mengelola sampah dengan mandiri,” paparnya.
     
    Selain kelurahan pendem, untuk tingkatan desa ditambahkan Wabup, sudah dicobakan desa Baluk sebagai pilot project. Tiap minggu pagi , mulai jam 8-10, warga desa akan datang ke Balai Banjar membawa sampah plastik. Sampah itu kemudian ditimbang untuk diambil pengepul besar, sehingga warga dapat manfaat. Bagi yang memiliki halaman luas bisa kelola sendiri dijadikan sampah organik. Sedangkan yang lahannya terbatas, bisa dibawa ke TPS 3R untuk diubah menjadi kompos dan pelet. 
     
    Dukungan selanjutnya menurut Wabup adalah dalam bentuk regulasi. Pada tahun 2019 nanti, rencananya tiap kelurahan akan mendapat Dana kelurahan, yang dapat dimanfaatkan untuk program lingkungan yang bersih dan sehat. Sedangkan di desa ada dana alokasi desa yang harus digunakan untuk pengelolaan sampah. 
     
    “Hal ini kita sudah sampaikan kepada Bapak Bupati untuk membuat juklak maupun juknisnya. Sehingga tiap desa dan kelurahan punya program penanganan kebersihan dan sampah. Kalaupun tidak ada Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) serta Pusat Daur Ulang (PDU) , minimal  ada bank sampahnya sehingga sampah plastik bisa dikendalikan,“ sebut Kembang.
     
    Terkait dengan kegiatan peduli sampah dan daur ulang, Lurah Pendem I Wayan Putra Mahardika mengatakan parade  dilaksanakan dibagi menjadi dua kategori yaitu Kategori Anak dan Kategori Remaja . diikuti oleh siswa siswi dari tingkat SD untuk kategori anak dan SMP, SMA/K untuk Kategori Remaja. Start parade dimulai depan SMP Swastika menuju depan kantor Lurah Pendem. 
     
    Selain mengikuti parade peserta yang keseluruhan merupakan siswa siswi bersek

    Pilihan Redaksi

  • Tradisi Male dan Pemotongan Rambut Bayi Tandai Perayaan Maulud Nabi di Jembrana
  • Cerita Ade Putri Blusukan Kuliner Tradisional di Jembrana
  • Festival Teluk Gilimanuk: Promosi Keindahan Alam, Budaya dan Kuliner Khas Jembrana
  • olah di Pendem juga menampilkan hasil kerajinan yang merupakan hasil dari daur ulang sampah. Ada empat kriteria penilaian lomba ini, yakni adanya bank sampah, adanya kegiatan daur ulang seperti baju daur ulang, tas dan alat lainnya yang terbuat dari rongsokan serta parade diharuskan menggunakan baju daur ulang yang diiringi dengan musik.
     
    “Kegiatan dilaksanakan sebagai apresiasi kepada masyarakat Pendem karena selama ini sudah peduli terhadap lingkungan. Kami juga telah bersinergi dengan masyarakat, bendesa dan kepala lingkungan untuk terus berupaya menciptakan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan supaya tercipta lingkungan yang bersih dan sehat,” ujar Puma.
     
    Dalam kegiatan itu, juga diserahkan hadiah kepada pemenang lomba gang hijau dan lomba kelompok wanita tani pembibitan tanaman. Guna mendukung pengelolaan sampah, ikut diserahkan dua unit sepeda motor via yang  oleh Wabup Kembang kepada masyarakat Pendem. (bbn/Jim/adv/rob)

    Penulis : Berita Advertorial

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Wabup Kembang Pengelolaan Sampah Jembrana


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV