Ekbis

SDGs 14 Dorong Tercapainya Penangkapan Ikan Berkelanjutan

Selasa, 04 Desember 2018 | 09:07 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Beritabali.com,Badung. Pembangunan kelautan dan perikanan yang diinspirasi oleh pembangunan berkelanjutan no 14 (Sustainable Development Goals/SDGs 14 ) harus diarahkan agar mendorong tercapainya penangkapan ikan yang berkelanjutan. 

Pilihan Redaksi

  • Genjot Konsumsi Ikan, Tabanan Berdayakan Pelaku Perikanan Hulu Hingga Hilir
  • Polsek Gilimanuk Musnahkan 4 Ton Ikan Tongkol Tanpa Dokumen Karantina
  • Belasan Sampan Hias Ramaikan Gelaran Festival Teluk Gilimanuk
  •  
    Kepala Bappenas RI, Prof. Bambang PS. Brodjonegoro mengatakan untuk mencapainya, dunia riset dan akademik harus diarahkan untuk mendukung pencapaian tujuan-tujuan tersebut. Kendala untuk mencapai hal ini ada pada keterbatasan dana dan kurangnya koordinasi. 
     
    “Dana riset harus digunakan secara efisien, kita harus melakukan sharing resources, membangun sinergi. Koordinasi antar lembaga penelitian harus makin ditingkatkan,” jelasnya, Senin (3/12).
     
    Dikatakan, bahwa sebagian besar nelayan Indonesia adalah nelayan kecil, perhatian terbesar harus diarahkan pada mereka. 
    "Perh

    Pilihan Redaksi

  • Polda Bali Ungkap Aliran Dana Kasus Ketut Sudikerta
  • Polda Bali: Penyidik Keluarkan Daftar Cekal Terhadap Ketut Sudikerta
  • Kasus Tanah Balangan Pecatu, Dirkrimsus Polda Bali: Sudikerta Otak Pelaku Penipuan
  • atian kepada nelayan kecil akan memungkinkan dalam sekali kayuh berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan dapat diraih. Mendorong pembangunan perikanan berkelanjutan yang terfokus pada nelayan kecil bisa mendorong pencapaian goal nomor 14 (kehidupan bawah air) dan sekaligus mencapai tujuan nomor 1 (pengurangan kemiskinan) dan tujuan nomor 2 (peniadaan kelaparan)," ujarnya.
     
    Dilanjutkan, Bappenas yang tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020-2024 akan mendapat inspirasi dari beberapa dorongan inisiatif global dimana Indonesia juga terlibat aktif. 
     
    "Inisiatif global yang menginspirasi RJPM yang akan datang adalah Sustainable Development Goals (SDGs, atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), dan Low Carbon Development Indonesia Initiative (LCDI Initiative, atau Inisiatif Pembangunan Rendah Carbon Indonesia). Khusus untuk sektor perikanan dan konservasi kelautan tujuan pembangunan nomor 14 dari SDG merupakan inspirasi utama," pungkas Brodjonegoro. (bbn/aga/rob) 

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : SDGs 14 Penangkapan Ikan Berkelanjutan



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV