Informasi

Denpasar Bentuk Forum BUMDes, Target Akhir Tahun Semua Desa Memiliki BUMDes

Selasa, 04 Desember 2018 | 14:40 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar membentuk Forum BUMDes sebagai wadah bertukar informasi dan memecahkan masalah masing-masing BUMDes. Pemkot Denpasar menargetkan hingga akhir tahun ini semua desa di wilayah Denpasar telah mempunyai BUMDes karena dari 27 desa di Denpasar baru terdapat 21 BUMDes.    

Pilihan Redaksi

  • Maksimalkan Pendapatan, Denpasar Luncurkan E-BOP di 3 Pasar Tradisional
  • Pelantikan HIPMI Perguruan Tinggi dan Peluncuran Buku 50 Pengusaha Muda Denpasar
  • SatPol PP Denpasar Amankan 20 Orang PSK di Densel
  •  
    [pilihaan-redaksi] Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, IB Alit Wiradana mengatakan BUMDes merupakan sarana bagi warga desa untuk mengembangkan ekonomi pedesaan dengan pendekatan baru sehingga mampu menstimulus dan menggerakkan ekonomi desa. Hal ini sesuai dengan yang diamanatkan UU No.6 Tahun 2014 tentang desa dapat mengembangkan potensi desa melalui pembentukan kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 
     
    “Kami berharap seluruh desa yang ada di Kota Denpasar tahun ini telah memiliki BUMDes,” ujarnya. 
     
    Saat ini sebagian besar Bumdes yang ada bergerak bidang jasa. Hal ini mengingat keberadaan Bumdes sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat masing-masing desa. BUMDes yang dibangun dapat menggali dan mengembangkan potensi desa disamping juga dapat membuka lapangan kerja. Lebih lanjut Wiradana menambahkan dalam membangun BUMDes sebaiknya melalui kesepakatan muswarah desa bukan berdasarkan instruksi sehingga dalam mengembangkan BUMDes potensi desa yang ada bisa benar-benar dapat dikembangkan.
     
    Pendirian BUMDes menurut Wiradana merupakan salah satu upaya mewadahi pelaku, aset dan kegiatan di bidang ekonomi. Dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian desa dan mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa. Pendirian BUMDes juga sebagai strategi pengembangan ekonomi desa bersifat kolektif dengan harapan dapat mengembangkan ekonomi desa sehingga menjadi desa mandiri menuju  Denpasar yang Smart City.
     
    Setelah terbentuknya 21 Bumdes menurut Wiradana dilanjutkan dengan pembentukan Forum Bumdes. Diharapkan melalui forum ini dapat menjadi

    Pilihan Redaksi

  • Polsek Abang Amankan Pikup Bawa Muatan Ratusan Liter Arak
  • Naiknya Biaya Bimbingan Belajar Sumbang Inflasi Denpasar 0,34%
  • Tak Punya Kaki dan Tangan, Ketut Raka Ikut Latihan Silat PSHT
  • wadah untuk saling tukar informasi guna mengembangkan usaha di masing-masing Bumdes.
     
    Sementara Kabid Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa Ni Made Puspitasari menambahkan dengan terbentuknya Forum Bumdes dapat semakin mendorong terbentuknya Bumdes di masing-masing desa. Disamping akan memberikan penyuluhan dan sebagai tukar menukar informasi untuk mengembangkan usaha di masing-masing Bumbes. 
     
    “Pada intinya kami harapkan dengan terbentuknya Forum Bumdes dapat mencari solusi di setiap ada permasalahan di masing-masing Bumdes. Sehingga keberadaan BUMDes dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.
     
    Ketua Forum Bumdes I Wayan Juliantara dari Bumdes Segara Giri, Desa Sanur Kauh mengaku keberadaan Forum Bumdes sangat membantu pihaknya dalam mengembangkan potensi desa. Disamping itu keberadaan Forum BUMDes dapat dijadikan wahana untuk saling bertukar informasi sehingga dapat memajukan masing-masing BUMDes. (bbn/humasdenpasar/rob) 

    Penulis : bbn/humasdenpasar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : BUMDes Forum BUMDes Denpasar



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV