Kemampuan Keuangan Daerah Karangasem Tahun Ini Dipastikan Rendah - Beritabali.com

HOME / NEWS

Kemampuan Keuangan Daerah Karangasem Tahun Ini Dipastikan Rendah

Selasa, 14 Januari 2020 | 22:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Banyak potensi yang dimilili Kabupaten Karangasem selama ini belum tersentuh secara maksimal hingga menjadi salah satu penyebab merosotnya pendapatan asli daerah (PAD) karangasem.

Pilihan Redaksi

  • Dewan Karangasem Soroti Mutasi ASN Saat Tengah Malam
  • Harga Sejumlah Bahan Pokok Mulai Merangkak Naik di Karangasem
  • Kajari Karangasem Siap Dampingi KPU untuk Pilkada 2020
  • Kondisi ini praktis berpengaruh terhadap Kemampuan Keuangan Daerah (KKD) hingga bisa dipastikan di tahun 2020 ini, KKD Kabupaten Karangasem rendah. Hal ini menjadi perhatian serius pihak legislatif, pasalnya rendahnya KKD ini tanpa sepengatahuan dewan, bahkan dalam rapat kerja gabungan dewan dengan tim TAPD yang berlangsung siang Selasa (14/01/2020) Dewan Karangasem menyayangkan kenapa kondisi tersebut tidak disampaikan kepada legislatif sehingga dulu bisa dicarikan jalan keluar.
    "Semestinya ini disampaikan kepimpinan pada saat itu sehingga bisa dicarikan jalan keluar, tidak seperti sekarang kami yang menganggarkan kami yang kena," kata Komang Sartika dari fraksi Partai Golkar.
    Disamping itu, Dewan juga membandingkan Kabupaten Karangasem dengan Kabupaten Klungkung, jika dilihat dari sisi potensi, Karangasem jelas memiliki potensi lebih banyak, baik itu dibidang pariwisata maupun disektor Galian C.
    "Klungkung saja sekarang punya target PAD besar dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke Nusa Penida," kata Wayan Tama yang juga dari fraksi Golkar.
    Senada dengan, politisi dari fraksi PDIP, I Nengah Songkod, menurutnya Karangasem memiliki potensi yang jauh lebih banyak dari Kabupaten lainnya. Seperti misalnya galian C, di Bali bisa dikatakan hanya Karangasem saja yang mamilikinya sehingga jika ini benar - benar dikelola tentunya bisa berdampak positif terhadap PAD Karangasem.
    Rekan separtainya, Nyoman Winata juga tak kalah kerasnya berkomentar, ia berpendapat penyebab rendahnya KKD Karangasem adalah kebocoran disektor pajak seperti galian c dan pariwisata hingga berimbas terhadap merosotnya pendapatan asli daerah.
    "Di sektor galian C banyak bocor di faktur kalo bisa pakai portal online untuk cegah kebocoran," ujarnya.
    Sementara itu, Ketua TAPD yang juga selaku Pejabat Sekda Karangasem I Gede Darmawan yang hadir dalam kesempatan tersebut ditemani Kepala BKAD Karangasem Sujana Erawan mengatakan, terkait dengan KKD pihaknya juga kaget mengetahui KKD yang rendah.
    Menurutnya tinggi rendahnya KKD itu semua tergantung pada pendapatan asli daerah (PAD). Kendati demikian, Darmawan mengatakan kedepan pihaknya berkomitmen akan membngunan komunikasi yang lebih inten dengan DPRD.
    "Kita sepakat dengan semua usulan tersebut, kedepan kita berkomitmen menjalin komunikasi antara eksekutif dan legislatif lebih intensif lagi," terang Darmawan.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kemampuan Keuangan Daerah Karangasem Rendah


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV