Ekbis

Pertumbuhan Kredit UMKM di Bali Capai 7,95%, Tingkat Kredit Macet Naik Jadi 3,89%

Kamis, 06 Desember 2018 | 14:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Pertumbuhan kredit UMKM pada triwulan III tahun ini mencapai 7,95% (yoy) atau naik dibanding triwulan sebelumnya yang tumbuh 6,96% (yoy). 

Pilihan Redaksi

  • Kembangkan Usaha, Pelaku UMKM Harus Memaksimalkan E-commerce
  • Serapan Pasar Produk UMKM Kerajinan Bali Belum Maksimal
  • Sarana Wifi di Tiap Desa Diharapkan Mendukung Pemasaran UMKM Bali Lebih Luas
  •  
    Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Azka Subhan A mengatakan akselerasi penyaluran kredit UMKM terjadi di semua sektor kecuali pertambangan, industri, dan LGA (listrik, gas dan air). Pertumbuhan kredit UMKM yang terakselerasi diiringi dengan peningkatan tingkat kredit macet (Non Performing Loan/NPL) menjadi 3,89% dari sebelumnya 3,56% di triwulan II 2018. 
     
    Sedangkan untuk Kredit korporasi Bali triwulan III 2018 tercatat tumbuh sebesar 3,10% (yoy), lebih tinggi dibanding triwulan II 2018 yang terkontraksi sebesar 2,91% (yoy). Perbaikan tersebut terutama disebabkan karena, terakselerasinya kredit modal kerja dan investasi serta membaiknya kredit konsumsi.
     
    "Meskipun mengalami perbaikan pertumbuhan, kualitas kredit korporasi justru menunjukkan penurunan kualitas kredit yang tercermin dari peningkatan NPL dari 5,22% pada triwula

    Pilihan Redaksi

  • Temuan Uang Palsu di Bali Menurun 27%, Per November 2018 Ditemukan 3.308 Lembar
  • Pertumbuhan Sektor Retail di Bali Cukup Positif
  • Wilayah Kubu Rentan Penyebaran Virus Rabies, Tercatat Sepanjang Tahun 12 Kasus Rabies
  • n II 2018 menjadi 5,60% pada triwulan III 2018," jelasnya, Rabu (5/12).
     
    Dilanjutkan, sejalan dengan kredit korporasi, kinerja kredit perseorangan (rumah tangga) juga menunjukkan akselerasi menjadi sebesar 6,01% (yoy) pada triwulan III 2018, lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya yang sebesar 5,42% (yoy). 
     
    Selain itu, dari sisi risiko, risiko kredit rumah tangga di triwulan III 2018 juga menunjukkan perbaikan, tercermin dari NPL kredit perseorangan yang sebesar 2,70%, lebih rendah dari triwulan sebelumnya yang sebesar 2,78%. 
     
    "Sejalan dengan kredit korporasi, kinerja kredit rumah tangga juga menunjukkan akselerasi pada triwulan III 2018, menjadi lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya. Selain itu, dari sisi risiko, risiko kredit rumah tangga di triwulan III 2018 juga menunjukkan perbaikan, dari NPL kredit perseorangan sebesar 2,70%, lebih rendah dari triwulan sebelumnya sebesar 2,78%," ujarnya. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pertumbuhan Kredit UMKM Tingkat Kredit Macet



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV