Umat Khonghuchu Sembahyang Tutup Tahun di Khongcu Bio Denpasar - Beritabali.com

HOME / NEWS

Umat Khonghuchu Sembahyang Tutup Tahun di Khongcu Bio Denpasar

Sabtu, 25 Januari 2020 | 09:15 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Warga umat agama Khonghucu di Denpasar Bali, Jumat tengah malam (24/1) menggelar doa tutup tahun di klenteng atau Khongco setempat. Dalam doa mereka bersyukur atas berkah di tahun sebelumnya dan memohon kehidupan yang lebih baik di tahun yang baru.

Jumat tengah malam, rohaniawan dan umat agama Khonghucu di Denpasar melakukan ibadah tutup tahun atau Imlek di  Klenteng atau Khongcu Bio Denpasar. Dalam ibadah ini, doa dipanjatkan kehadirat Hwang Tian atau Tuhan.

Dalam ibadah tutup tahun ini, umat Khonghucu mengucapkan puji syukur telah melewati tahun Imlek 2570 Kong Zhi Lik dengan penuh rahmat dan karunia, serta memohon berkat di sepanjang tahun baru Imlek 2571 Kong Zhi Lik.

"Dalam upacara ini umat Khonghucu juga beribadah kehadapan Nabi Agung Khongcu dan para Sen Ming. Umat Khonghucu mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan," ujar Made Cahya Adi Legawanata, salah seorang umat Khonghucu yang ikut dalam ibadah tutup tahun.

Di kalangan umat agama Khonghucu, perayaan tahun baru imlek merupakan perayaan hari kelahiran Nabi Agung Khongcu. Dalam sejarah agama ini disebutkan, Nabi Khonghucu bersabda pada keluarga kerajaan Dinasti Shia di Tiongkok untuk memulai tahun baru Imlek pada saat mulai musim semi.

Saat musim semi, para petani sudah mulai beraktivitas setelah sebelumnya musim salju. Sehingga tidak heran jika perayaan imlek juga dirayakan bersamaan dengan tahun baru petani.

Sementara ucapan selamat tahun baru Imlek di kalangan umat agama Khonghucu adalah Gong He Xin Xi, Wan Shi Ru Yi, yang artinya selamat berbahagia di tahun yang baru, tercapai semua sesuai harapan. Bukan ucapan "Gong Xi Fa Cai" seperti yang sering dikenal selama ini, karena Gong Xi Fa Cai (khung hey fat choy) arti sebenarnya adalah selamat menjadi kaya.

Penulis : Tim Liputan

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Imlek Khonghucu Bali


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya