Informasi

Prosesi Upacara Bumi Sudha di Pura Watu Klotok

Jumat, 07 Desember 2018 | 21:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KLUNGKUNG.
Beritabali.com,Klungkung. Upacara Bhumi Sudha dilaksanakan sesuai dengan petunjuk sastra babad dewa dan hasil paruman Sulinggih Provinsi Bali dan dilaksanakan di tiga lokasi berbeda yaitu di Pura Pengubengan Besakih, Pura Batur dan Pura Watu Klotok, Klungkung.

Pilihan Redaksi

  • Sekda Dewa Indra Ajak Jajaran Birokrasi Kompak dan Profesional
  • Dewa Indra Berharap KORPRI Semakin Matang Dalam Mengabdikan Diri Pada Masyarakat
  • Dewan Setujui Pungutan Kontribusi Wisatawan yang Berkunjung ke Bali
  •  
    Dalam pelaksanaanya, Tirta pemarisudha dari Pura Pengubengan Besakih dan juga dari Pura Batur dituntun dan dipusatkan di Pura Segara Watu Klotok, Klungkung. Setelah tiba di Utama Mandala Pura Watu Klotok, tirta dari dua Pura tersebut dicampur lagi dengan tirta di Pura Watu Klotok yang juga diawali dengan  persembahyangan bersama. 
     
    Selanjutnya, ketiga tirta yang tela

    Pilihan Redaksi

  • Fenomena Mistis: Tanah di Gua Ditemukannya Rahang Dipercaya Ampuh Sembuhkan Penyakit
  • Jalan Penghubung Tiga Banjar di Tianyar Tengah Rusak Berat
  • Hakim Vonis 6 Tahun, Terdakwa Residivis Kurir Narkoba Kembali Ke Sel Jeruji
  • h dicampur tersebut dibagikan kepada seluruh bendesa baik dari Kabupaten Klungkung maupun dari Kabupaten/Kota lainnya di Bali. Tirta yang dibagikan tersebut terdiri dari dua jenis, yakni tirta penawar yang dipercikkan untuk binatang dan tumbuh-tumbuhan. 
     
    Sementara tirta bumisudha dipercikkan untuk banten pengenteg hyang dan untuk diri sendiri. Selain tirta, dalam upacara ini juga dibagikan nasi tawur. Nasi tawur panukun jiwa tersebut nantinya ditebar di areal pakarangan rumah hingga ke pintu gerbang atau jaba pekarangan.
     
    Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra beserta beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali serta Kabupaten/Kota mengikuti persembahyangan serangkaian Upacara Bhumi Sudha yang dilaksanakan bertepatan dengan Tilem Sasih Kanem di Pura Watu Klotok, Kabupaten Klungkung, Jumat (7/12). 
     
    Hadir pula dalam upacara itu Bupati Bangli, Penglisir Puri Agung Klungkung serta para pejabat di instansi vertikal lainnya. (bbn/humasbali/rob)

    Penulis : bbn/humasprovinsibali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pura Watu Klotok Upacara Bumi Sudha Klungkung



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV