Ida Bagus Putu Gede Pasa, Tualen "Nyekala" dari Banjar Tegal - Beritabali.com

HOME / NEWS /

Ida Bagus Putu Gede Pasa, Tualen "Nyekala" dari Banjar Tegal

Minggu, 09 Desember 2018 | 08:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com,Denpasar. Nama Ida Bagus Gede Pasa sulit dipisahkan dengan kejayaan seni pedalangan di Bali. Sebab, berkat seni pedalangan yang digeluti menjadikan brahmana yang akrab dipanggil Ida Bagus Dalang ini dikenal pencinta kesenian pertunjukan wayang kulit. Banyak kalangan menilai laki-laki kelahiran Geria Telaga, Tegal Denpasar ini dalang wayang terbaik pada zamannya.

Pilihan Redaksi

  • Tak Punya Kaki dan Tangan, Ketut Raka Ikut Latihan Silat PSHT
  • I Wayan Pamit, Guru Penekun Sastra: Guru Jalan Menuju Kesederhanaan
  • Ida Pedanda Gede Oka, Sang Pengabdi Keindahan
  •  
    Predikat dalang pada diri Ida Bagus Dalang ini tentu diperolah dari penyusuran senipedalangan yang cukup panjang. Proses mendalangnya muncul secara alamiah sekaligus pewaris dari ayah dan kakeknya. Sejak usia tjuh tahun ia mulai belajar mendalang. Proses itu sangat berkaitan dengan kebesaran nama keluarganya yang keturunan dalang wayang kulit.
     
    Baginya, mendalang merupakan kiblat yang selalu bersentuhan dengan emosi manusia. Ia bisa bercemin tentang prilaku hidupnya dengan penjiwaan wayang yang dimainkan. Dalam proses perenungan yang makin dalam, ia pun merasakan memperoleh nasehat dari ketokohan wayang. Sebab penokohan wayang harus ber

    Pilihan Redaksi

  • Bayi Hanyut di Sungai Akhirnya Meninggal Saat Dibawa ke Rumah Sakit
  • Polda Bali Kerahkan Anjing Pelacak Cari Korban Longsor di Gianyar
  • Legong Keraton Lasem, Ibu Dari Tari Yang Sepi Peminat
  • sentuhan dengan manusia lain dalam hidupnya.
     
    Sebagai dalang yang disegani masyarakat, pedalangan Ida Bagus Pasa bercirikan dengan ketokohan terhadap watak Tualen dan Werkudara atau Bima. Tertarik dengan ketokohan Tualen karena abdi panca sandawa dikenal sebagai sosok yang layak dipakai kerakyatannya.
     
    Sedangkan pilihan ketokohan pada Bima, karena anak kedua dari keluarga Panca Pandawa ini laksana manusia sejati. Tak kenal menyerah namun sadar dengan segala kekurangan. Ketokohan ini ia temukan setelah ia mapan menekun seni pedalangan.
     
    Proses turunan dalang di Geria Tegala telah menjadikan Ida Bagus Pasa dalang ketiga setelah kakek dan ayahnya yang juga mendalang. Kendati pun ia telah meninggal pada 30 Oktober 1980 lalu, riwayat pedalangannya tetap abadi berkat seorang anaknya, Ida Bagus Ngurah Widasna berhasil mewarisi kepiawaiannya hingga menjadi dalang terkenal dari Tegal, Denpasar. (bbn/rls/rob)

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Ida Bagus Gede Pasa Seniman Denpasar Tualen Dalang


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV