DPMD Tabanan Tatar Perbekel dan BPD Minimalisir Penyalahgunaan Dana Desa - Beritabali.com

Informasi

DPMD Tabanan Tatar Perbekel dan BPD Minimalisir Penyalahgunaan Dana Desa

Senin, 10 Desember 2018 | 14:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Beritabali.com,Tabanan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tabanan mengadakan Workshop Penggunaan dan Pengawasan Dana Desa di Kabupaten Tabanan, Senin (10/12) di Gedung Mario Tabanan. 

Pilihan Redaksi

  • Tingkatkan Kapasitas, Perbekel di Tabanan Perlu diberi Bimtek dan Pelatihan
  • Galang Dana Untuk Lombok-Palu, Cok Ace Ikut Turing Mobil Klasik
  • Kericuhan di Dwijendra, Siswa Emosi Menolak Petinggi Baru Yayasan Tilep Dana SPP
  •  
    Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman perbekel dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pengelolaan dana desa serta meminimalisir terjadinya penyalahgunaan pengelolaan dana desa, perlu dilakukan pengelolaan secara tertib dan disiplin. Untuk mendukung hal tersebut. 
     
    Acara dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Hadir dalam acara tersebut Kepala DPMD Roemy Liestyowati, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, OPD terkait, Camat, Perbekel dan Ketua BPD se-Kabupaten Tabanan. Panitia kegiatan Ketut Sujana, dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang pengelolaan keuangan desa, dalam kaitannya dengan Permendagri No.20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa. 
     
    “Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perbekel dan BPD dalam pengelolaan dana desa sehingga tidak terjadi penyalahgunaan pengelolaan.” ungkapnya. 
     
    Dijelaskannya, peserta workshop ini terdiri dari seluruh kepala desa dan ketua BPD di Kabupaten Tabanan serta semua OPD terkait. Sementara narasumber berasal dari Kepolisian Resort Tabanan, Kejaksaan Negeri Tabanan, Dinas PMD Provinsi Bali dan Inspektorat Tabanan. 
     
    “Jumlah peserta sebanyak 286 orang. Dalam workshop ini juga akan diadakan pemaparan materi dari para narasumber dan juga diskusi bersama.” jelasnya. 
     
    Wabup Sanjaya dalam sambutannya memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan workshop ini. Dikatakannya dengan perubahan regulasi yang mengatur desa begitu cepat khususnya dalam pengelolaan keuangan desa, menuntut kompetensi penyelenggara pemerintahan desa, sehingga dibutuhkan pemahaman akan regulasi serta kapasitas dalam penyelenggaraannya. 
     
    “Kompetensi yang dimaksud adalah memahami substansi regulasi dan memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam penyelenggaraan pemerintah desa. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi kegiatan ini.” ungkapnya. 
     
    Wabup Sanjaya mengungkapkan  sebagaimana diketahui regulasi UU No 6 tahun 2014 tentang dana desa telah merubah secara prinsipal tata kelola pemerintahan desa. Salah satu bentuk pengakua

    Pilihan Redaksi

  • Kualitas Air Mengerikan Saat Banjir Bercampur Limbah Rumah Tangga
  • De Gadjah Ajak Masyarakat Ikut Bantu Penderita Kanker
  • BWS Bali Akan Bangun 5 Bendungan Atasi Krisis Air Bersih di Denpasar
  • n terhadap dana desa dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan negara adalah diberikannya dana desa yang langsung transfer dari pemerintah pusat ke RKUD dan disalurkan ke RKD. 
     
    “Mengingat begitu besarnya dana desa yang diterima hendaknya penggunaan dana desa dapat dirasakan manfaatnya untuk kebutuhan masyarakat berdasarkan kewenangan pemerintah desa. Dana desa hendaknya mendorong pendapatan asli desa sehingga berdampak peningkatan kesejahteraan masyarakat.” jelasnya.
     
    Pihaknya berharap dengan adanya workshop ini diharapkan dapat terwujud  tata keola keuangan secara transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan secara tertib dan disiplin anggaran. 
     
    “Sehingga dapat tercipta pemerintahan desa yang profesional, efisien dan efektif, terbuka dan bertanggung jawab. Akhir kata kepada peserta workshop agar dapat mengikuti kegiatan ini denahn ekut dan dapat mengimplementasikan maksud dan tujuan workshop secara konsisten.” imbuhnya. (bbn/humastabanan/rob)

    Penulis : bnn/humastabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Workshop DPMD Tabanan Dana Desa


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV