News

KMB Karangasem Serahkan Dana Punia untuk Perbaikan Pura Pesimpangan Besakih

Minggu, 30 Desember 2018 | 16:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Beritabali.com,Karangasem. Setelah Gunung Agung erupsi, Komunitas Meja Bundar (KMB) Karangasem menyerahkan dana punia yang dikumpulkan untuk perbaikan Pura Pesimpangan tempat pesinggahan Ida Bhatara saat Upacara Panca Wali Krama di Pura terbesar di pula Dewata itu. 

Pilihan Redaksi

  • Pura Dasar Bhuwana Gelgel Gelar Ritual Setara Homa Yadnya 500 Tahun Lalu
  • Ayo Berburu Senja di Danau Sentani Jayapura
  • Prosesi Upacara Bumi Sudha di Pura Watu Klotok
  •  
    "Ya kendati pun tadi pagi erupsi kita tetap ngumpul untuk menyerahkan dana punia yang dikumpulkan anggota Komunitas," kata Ketua Komunitas Meja Bundar, I Ketut Sumendra, Minggu (30/12) pagi. 
     
    Saat ini dari puluhan juta yang menyumbang, riilnya diserahkan sebesar Rp 4.625.000 kepada oleh Pengempon Pura, I Gusti Bagus Anom disaksikan oleh Bendesa Adat Besakih, Mangku Widiarta, Camat Rendang, I Wayan Mastra. "Banyak yang nyumbang, tapi belum kita ambil," jelasnya. 
     
    Bendesa Adat Besakih, Mangku Widiarta sangat berterima kasih atas bantuan ini. "Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik," ujarnya. 
     
    Seperti diketahui Pura pesimpangan, merupakan pura yang masih berkaitan dengan Pura Besakih. Pura ini sebagai tempat Ida Bhatara di Pura besakih jika mesucian dan tempat mesandekan. Pura ini merupakan emponan dari pemkab Jembrana. Pura yang terletak di Banjar Palak, Desa Besakih, belum memiliki fas

    Pilihan Redaksi

  • PVMBG: Potensi Gunung Agung Erupsi Lebih Besar Lagi Relatif Kecil
  • Razia 3 Tempat Hiburan Malam di Denpasar, Polisi Nihil Temukan Indikasi Narkoba
  • Tinjau Bukit Teletubies, Menhub: Ini Lokasi Paling Cocok untuk Bandara Baru
  • ilitas jalan yang memadai, masih berupa jalan tanah.
     
    Berawal dari obrolan di Grup Wa, KMB berencana melakukan rabat beton secara gotong royong urunan, sedikit pun sangat membantu. Targetnya, sebelum karya agung panca wali krama Maret 2019 mendatang, rabat beton rampung dikerjakan. Dari RAB yang dihitung estimasi biaya yang diperlukan dengan volume 61,47 m3 beton estimasi maretial kurang lebih Pasir = 34 m3, Koral = 49 m3, Semen = 400 sak 50 kg, Ongkos = Rp.8.800.000.
     
    Seperti ungkapan bijak, beryadnya tak mesti menunggu kaya. "Barang siapa yang memberikan dana punia maka ia sendirilah yang akan menikmati pahala dan kebajikannya  itu" ( Sarasamuccaya 169 ); "Apapun juga niatnya untuk berdana punia, pahala itu akan diperolehnya dikemudian hari" Menawadharmasastra IV.234). Untuk informasi donasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor kontak 081338594344 (Komunitas Meja Bundar Karangasem). (bbn/rls/rob)

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Komunitas Meja Bundar Karangasem Dana Punia Karangasem



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV