Informasi

Pemedek yang Tangkil ke Pura Sakenan Dihimbau Bijak Gunakan Plastik

Sabtu, 05 Januari 2019 | 16:40 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Saat tangkil di Pura Sakenan Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra juga mengajak pemedek selalu menjaga kebersihan lingkungan Pura serta membuang pada tempatnya sarana-sarana persembahyangan yang telah selesai dipakai sehingga tercipta kenyamanan bersama dan bijak menggunakan plastik dalam persembahyangan.

Pilihan Redaksi

  • Penerapan Perwali Diet Plastik Juga Merambah Sektor Pariwisata
  • Gelar Pasar Murah, Pemkot Sekaligus Sosialisasi Kurangi Penggunaan Kantong Plastik
  • Pengurangan Buangan Plastik, Antara Serius dan "Duarius"
  •  
    Hal ini menurutnya sebagai bagian dari praktek memantapkan Sradha Bhakti umat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar tertib dan mematuhi aturan yang ada. “Kami menghimbau kepada pemedek agar selalu bijak menggunakan plastik dalam melaksanakan pesembahyangan. Hal ini bukan hanya sekedar himbauan namun juga harus disikapi bersama, dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai tentunya kita dapat menjaga lingkungan dan berdampak kepada segala aspek seperti kesehatan, dan juga pariwisata,” ujar Rai Mantra sembari bersama-sama mengajak masyarakat menjaga kebersihan.
     
    Panitia Karya Pujawali Pura Sakenan Ida Bagus Gede Pidada yang ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan Pujawali kali ini menggunakan pebangkit disertakan pula pakelem alit ke segara. Lebih lanjut dikatakan seperti

    Pilihan Redaksi

  • Hindari Macet, Rai Mantra Juga Ajak Masyarakat Bernostalgia Naik Jukung ke Pura Sakenan
  • Usai Senggol Mobil, Pengendara Motor Tewas Setelah Tabrak Truk
  • Kapolda Bali Beri Penghargaan 10 Personel Berprestasi
  • pujawali sebelumnya, Pujawali kali ini didukung oleh pemkot Denpasar dengan segala fasilitas. Menurutnya Pura Sakenan diempon oleh Puri Kesiman dan didukung empat desa adat yakni Desa Adat Serangan selaku pemiliki wilayah, Desa Adat Pemogan, Desa Adat Kepaon dan Desa Adat Kelan.
     
    Upacara pujawali ini secara rutin dilaksanakan  bertepatan pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan dilaksanakan selama 5 hari dan penyineban pada hari Selasa mendatang. Terkait dengan penataan parkir maupun kenyamanan pemedek pihaknya mengaku sudah melaksanakan langkah intensif yang sudah dikoordinasikan dengan pengempon, pengemong, serta bantuan dari Pemkot Denpasar, demi kenyamanan dan keamanan pemedek yang setiap tahunnya bertambah. 
     
    "Melalui bantuan dari Pemerintah Kota Denpasar serta seluruh komponen masyarakat agar selalu menjaga lingkungan areal Pura serta penataan parkir yang rapi diharapkan dapat memberi rasa nyaman dan aman dalam melaksanakan persembahyangan," katanya. (bbn/humasdenpasar/rob)

    Penulis : Ni Luh Putu Era Adnyayanti

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pemedek Tangkil Ke Pura Sakenan Bijak Gunakan Plastik



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV