News

Pemedek Membludak Menjelang Puncak Usabha Pura Dalem Puri Besakih

Senin, 07 Januari 2019 | 17:05 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Sehari menjelang upacara Puncak Usabha Pura Dalem Puri Besakih, kedatangan para pemedek umat hindu dari berbagai wilayah di Bali mulai membludak.

Pilihan Redaksi

  • Pemedek yang Tangkil ke Pura Sakenan Dihimbau Bijak Gunakan Plastik
  • Perkumpulan Bengkel Mobil Bali "Ngayah" Servis Gratis Selama Upacara di Pura Besakih
  • Dua Sulinggih "Puput" Upacara Pemelaspasan Pasar Badung
  •  
    Seperti yang terlihat pada pemandangan Senin (07/01) pagi, terpantau dari arah Amlapura menuju Pura Dalem Puri Besakih situasi arus lalu lintas mulai terjadi peningkatan jumlah kendaraan. Begitu masuk di kawasan parkir, sekitar pukul 08.00 wita, kendaraan roda empat dan roda dua nampak sudah memenuhi parkiran yang disediakan bahkan sampai ke lokasi parkir pribadi yang disediakan oleh warga juga terlihat penuh.
     
    Ketika masuk areal pura, tampak ribuan pemedek sudah terlihat duduk lengkap dengan sarana upakaranya di luar Pura utama. Untuk menuju ke Pura utama, para pemedek harus menunggu giliran atau bertahap sampai pemedek gelombang pertama yang sudah masuk duluan selesai melaksanakan persembahyangan. Agar lebih disiplin, pintu gerbang dilakukan si

    Pilihan Redaksi

  • Pergub 99 Tahun 2018 Wajibkan Toko Swalayan, Hotel dan Restoran Serap Produk Lokal
  • Pemprov Bali Terbitkan Pergub Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Lokal
  • Pascaerupsi, Bupati Karangasem Buka Program Pendidikan Kecakapan Kerja
  • stem buka tutup dengan penjagaan oleh beberapa orang pecalang untuk membatasi jumlah pemedek yang masuk sehingga tidak sampai penuh sesak ketika melaksanakan persembahyangan.
     
    Menurut salah seorang pemedek, I Ketut Artayasa salah seorang warga asal Selat, Karangasem yang saat itu sudah selesai melaksanakan persembahyangan. Dirinya bersama istri berangkat dari rumahnya sekitar pukul 04.00 wita untuk menghindari kemacetan dan tidak berdesak desakan saat melaksanakan persembahyangan.
     
    "Kami sengaja berangkat pagi, karena pengalaman saat Ngusabe sebelum sebelumnya kalau berangkat siangan pasti macet dan berdesakan disamping cuaca yang panas," ujarnya.
     
    Sementara itu, Bendesa Adat Besakih, Jero Mangku Widiarta ketika dikonfirmasi media ini juga mengungkapkan bahwa pemedek yang datang ke Pura Dalem Puri mulai membludak setelah dilangsungkannya upacara nedung ida bhatara pada Minggu (06/01). "Sampun mulai ramai," kata Jero Mangku Widiarta. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pura Dalem Puri Besakih Puncak Usabha Pemedek Membludak



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV