Informasi

Bupati Giri Prasta Kukuhkan Pengurus Pinandita Sanggraha Nusantara

Rabu, 27 Februari 2019 | 17:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Pengukuhan Pengurus Kordinator Lapangan Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Kecamatan se-Kabupaten Badung yang ke I masa bakti tahun 2019- 2024, di ruang Kertha Gosana, Pusat Pemeritahan Kabupaten Badung, Rabu (27/2). 

Pilihan Redaksi

  • Bupati Giri Prasta Buka Pesamuan Sulinggih Se-Badung, Satukan Persepsi Terkait Upacara Tumpek
  • Karya Mlaspas di Pura Dalem Umacetra Karangasem, Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp.300 Juta
  • Bupati Giri Prasta Hadiri “Millenial Road Safety Festival”
  •  
    Pada kesempatan tersebut hadir, Ketua Harian PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, Tokoh Masyarakat Canggu I Made Sudiana, Perwakilan Polres Badung, Sekretaris Dinas Kebudayaan, Korwil PSN Provinsi Bali I Nyoman Parbasana, Ketua PSN Korda Denpasar dan Tabanan serta para pemangku. Acara pengukuhan dirangkaikan terlebih dahulu dengan dilaksanakan Upacara Mejaya-jaya di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung yang diikuti oleh 300 Pemangku se-Kabupaten Badung. 
     
    Ketua Kordinator Lapangan PSN yang dilantik untuk masing-masing Kecamatan diantaranya, Pinandita I Made Suwirka (Petang), Pinandita I Nyoman Arjuna, S.Pd., M.Pd. (Abiansemal), Pinandita I Gede Rakamandya, S.H. (Mengwi), Pinandita I Nyoman Pica (Kuta Utara), Pinandita I Made Maja, S.H. (Kuta), Pinandita I Made Wira Adi Topan, S.Fil. (Kuta Selatan).
     
    Dalam kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta menerima secara simbolis 208 Bhagawad Gita yang diserahkan oleh Yayasan Dharma Sthapanam, untuk selanjutnya diserahkan kepada PSN Korda Badung. Dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara PHDI Badung dengan PSN Korda Badung tentang kemitraan peningkatan kopetensi pemangku.
     
    Melalui kegiatan ini, Bupati Giri Prasta berharap pinandita ikut meringankan beban umat hindu dalam bidang spiritual, seperti memberikan pemahaman didalam melaksanakan upacara yang "patut" berdasarkan sastra sehingga tidak ada lagi istilah "nak mule keto" kedepannya. "mengingat perkembangan agama Hindu di Indonesia dewasa ini semakin pesat dan kompleks, serta banyaknya hal yang perlu mendapat penanganan dari pemuka agama/rohaniawan sebagai tenaga-tenaga ahli yang membidangi, baik itu menyangkut upacara maupun upakaranya, bila hal ini bisa dipenuhi, maka jelas tidak akan terjadi kesimpang-siuran didalam memberikan tuntunan kehidupan spiritual umat, terutama dalam pelaksanaan upacara keagamaan. oleh karenanya saya sungguh menyambut baik terbentuknya pengurus pinandita sanggraha nusantara kecamatan se-Kabupaten Badung ini," ujar Bupati Giri Prasta.
     
    Bupati Giri Prasta lebih lanjut mengatakan, keberadaan organisasi ini sangat berperan dalam meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat terhadap ajaran agama, serta meningkatkan eksistensi adat dan budaya dalam rangka mengajegkan bali di era kekinian. Oleh karenanya, Bupati menyambut baik pelaksanaan pengukuhan pengurus pinandita sanggraha nusantara kecamatan se-kabupaten badung.
     
    "Semoga dengan peranan penting dan strategis pengurus Pinandita Sanggraha Nusantara Kabupaten Badung, filosofi dasar agama hindu serta nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Bali di Kabupaten Badung khususnya dapat terus lestari dan ajeg," harap Bupati.
     
    Ketua Panitia Pengukuhan pengurus Kordinator Lapangan Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Kecamatan se-Kabupaten Badung, Drs. I Gede Suarjana, M.Pd. melaporkan pembentukan pengurus kordinator lapangan di masing-masing kecamatan se-Badung adalah merupakan program utama yang dilakukan PSN Korda Badung yang telah dilantik dan diresmikan pada 2 tahun lalu tepat pada hari, Selasa 27-Februari-2017. Setelah 2 tahun berproses, yang Pertama terbentuk adalah Kecamatan Abiansemal, kemudian PSN Kec. Mengwi, dilanjutkan Kuta Selatan, Kuta Utara, dan yang terakhir PSN Kec. Kuta, dengan masing-masing Kecamatan memiliki pengurus 15 orang. 
     
    "Terima kasih kepada Bapak Bupati Ba

    Pilihan Redaksi

  • Rai Mantra Berharap Pawai Ogoh-ogoh Anak Jadi Ajang Pengenalan Kreativitas
  • Awal Tahun, Jumlah Wisman ke Bali Meningkat 27,41%
  • Pelaku Lempar Botol dan Batu Mengenai Pergelangan Kaki Kanan Korban
  • dung atas bantuannya pengukuhan pengurus korlap PSN Kec. se-Badung dapat terlaksana, dengan pengukuhan ini besar harapan kami agar tetap mendapat perhatian dan kepercayaan dari Bapak Bupati beserta jajaran," ungkapnya.
     
    Ketua PSN Korda Badung PINDT. Dr. I Nyoman Sukendra mengaku merasa bahagia, tepat pada hari ini diusia 2 tahun terbentuknya PSN Korda Badung, telah dapat melaksanakan pengukuhan PSN Korlap Kec. Se-Badung dengan Tema "Melalui Pengukuhan Pinandita Sanggraha Nusantara Korlap Kec. Se-Badung Kita Tingkatkan Kualitas, Wawasan, Pengetahuan Kemampuan Profesional Pemangku/Pinandita Berdasarkan Pustaka Suci Weda.
     
    "Lebih lanjut disampaikan di zaman millenial saat ini, generasi muda memiliki pertanyaan-pertanyaan yang bersifat rasional, ini berdampak pada pertanyaan tentang prilaku beragama yang ditanyakan secara rasional."Berdasarkan itu para pemangku tidak bisa tidak rasional pada zaman now ini, maka dari itulah peran PSN sebagai wadah pemangku untuk meningkatkan kompetensi pemangku sehingga pemangku nanti menjadi professional," terangnya. (bbn/humasbadung/rob)

    Penulis : Humas Badung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Bupati Badung Pengurus Pinandita Sanggraha Nusantara



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV