Informasi

Gubernur Koster Nilai Karya Panca Wali Krama Pura Lempuyang Madya Sangat Penting

Kamis, 28 Februari 2019 | 21:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Gubernur Bali Wayan Koster Gubernur Koster dalam sambutannya menilai upacara Karya Panca Wali Krama, di Pura Lempuyang, sangat penting karena setelah ratusan tahun baru terselenggara kembali. 

Pilihan Redaksi

  • Koster Gembira Pergub yang Dikeluarkan Mendapat Respon Positif dari Masyarakat
  • Gubernur Koster Apresiasi Pencanangan Zona WBK dan WBBM di Pengadilan Tinggi Denpasar
  • Gubernur Koster Ajak Semua Umat Jaga Kerukunan Beragama
  •  
    “Artinya kita yang hidup sekarang ini bersyukur bisa mengikuti acara ini. Tidak semua bisa ikut apalagi bisa beryadnya itu sesuatu yang mulia dan sangat bermakna bagi Bali,” kata koster didampingi Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mengikuti Prosesi Rsi Bujana Karya Panca Wali Krama, di Pura Lempuyang, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (28/2).
     
    Ia menambahkan upacara ini sejalan dengan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ yaitu menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama dan gumi Bali yang sejahtera dan bahagia, sekala maupun niskala. Upacara ini menurutnya merupakan bagian penting untuk menjaga keseimbangan antara manusia dengan alam, manusia dengan Ida Sang Hyang Widhi dan manusia dengan manusia lainnya atau yang dikenal dengan Tri Hita Karana. 
     
    "Ini merupakan acara yang sangat mulia yang dilaksanakan ratusan tahun sekali dan saya sangat bersyukur karena dapat ikut terlibat di dalam prosesi karya Panca Wali Krama". Ujar Koster.
     
    Koster juga menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat secara lagsung maupun tidak langsung atas terselenggaranya karyan ini dengan baik dan sukses, “Saya mengikuti prosesi upacara  Panca Wali Krama ini berjalan baik dan sukses. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih  kepada para Sulinggih, para Panitia, Masyarakat pengempon telah  menyiapkan acara ini dengan baik dan tekun sehingga acara ini berjalan dengan baik,  serta seluruh Masyarakat Bali yang sangat antusias pedek tangkil selama Karya  berlangsung," imbuhnya.

    Pilihan Redaksi

  • Rai Mantra Lantunkan Lagu Taksu dan "Love Of My Life"
  • Demi PSK Selingkuhannya, Tersangka Nekat Gelapkan Motor Majikannya
  • Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Kavling Tanah Ratusan Juta Rupiah Lewat Facebook
  •  
    [ppilihan-redaksi2] Selain ngaturang Pemuspan Gubernur Koster juga mengikuti prosesi Rsi Bujana yang bermakna sebagai ucap syukur  telah  Suksesnya Karya Panca Wali Krama terhadap Para Sulinggih dan Tapini, serta dilajutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada para Sulinggih dan para Tapini atas suksesnya Karya Panca Wali Krama.
     
    Sementara itu, Ketua Panitia Karya I Wayan Artha Dipa mengatakan rangkaian upacara telah dimulai dengan Segara Kertih tanggal 11 Januari 2019 lalu di Pantai Amed yang dilaksanakan krama 7 desa adat di Kecamatan Abang, sementara 13 desa adat lainnya dari 20 desa adat yang ada di Kecamatan Abang melaksanakan tawur puncak tanggal 20 Januari ini. Sementara penyineban akan di laksanakan hari minggu 3 Maret 2019 diawali dengan Melasti di pantai taman ujung Karangasem.
     
    Tampak hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Wakil Bupati Buleleng  I Nyoman Sutjidra dan mantan Bupati Karangasem I Wayan Gredeg. (bbn/humasbali/rob)

    Penulis : Humas Provinsi Bali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Koster Panca Wali Krama Pura Lempuyang



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV