News

Tertiup Angin, Debu Mengepul di Lereng Gunung Agung

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 18:20 WITA

bbn/grup pasebaya

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Diduga akibat hembusan angin yang cukup kencang, debu–debu yang mengendap di kawasan Puncak Kawah Gunung Agung tertiup hingga mendekati pemukiman warga terutama yang berada di wilayah sebelah barat lereng Gunung Agung.

Pilihan Redaksi

  • BPBD Karangasem Distribusi Air Bersih di 3 Banjar di Desa Seraya
  • Vulkanik Dalam Kembali Muncul di Tubuh Gunung Agung
  • Pangdam Perkenalkan Serka Dewa Gede Astawa Pelari Naik Turun Gunung
  • Fenomena ini terpantau terjadi Sabtu (19/10/2019) siang. Sejumlah warga dan relawan nampak mengamati fenomena ini, pasalnya dari kejauhan debu yang berterbangan di kawasan puncak Gunung Agung menyerupai hasil aktivitas vulkanik Gunung Agung bahkan beberapa ada yang menduga terjadi longsoran di kawah Gunung Agung.
    “Ya di areal puncak Gunung Agung siang ini teramati ada debu berterbangan,” kata Wayan Putra salah seorang warga asal Selat, Karangasem. 
    Sementara itu, dikonfimasi mengenai fenomena tersebut, Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Ketut Arimbawa menegaskan, fenomena yang terlihat di kawasan puncak Gunung Agung siang ini adalah debu yang tertiup lantaran hembusan angin yang cukup kencang terjadi siang ini di kawasan Puncak Gunung Agung.
    “Itu debu yang berterbangan tertiup angin di kawasan Puncak Kawah Gunung Agung,” jelas Arimbawa.
    Dengan adanya fenomena ini, BPBD Karangasem sudah melakukan antisipasi dengan cara menyiapkan masker serta berkoordinasi dengan kawil-kawil di lingkar Gunung Agung.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Debu Mengepul Gunung Agung



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV